Zulfan, Fahmi (2020) Pengembangan Kurikulum Ma’had Aly Dayah MUDI Mesra Samalanga Kabupaten Bireun provinsi Aceh. Masters thesis, Institut Pesantren KH. Abdul Chalim.
Text
Abstrak dan Recovery.pdf - Published Version Download (340kB) |
|
Text
BAB I (ZULFAN FAHMI).pdf - Published Version Download (306kB) |
|
Text
BAB V (ZULFAN FAHMI).pdf - Published Version Download (118kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (227kB) |
|
Text
Thesis lengkap recitory.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (7MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan data tentang pengembangan kurikulum Ma’had Aly di Dayah MUDI Mesra Samalanga Kabupaten Bireun Provinsi Aceh yang terdiri dari: konsep pengembangan kurikulum Ma’had Aly di Dayah MUDI Mesra Samalanga Kabupaten Bireun Provinsi Aceh, proses pengembangan kurikulum Ma’had Aly di Dayah MUDI Mesra Samalanga Kabupaten Bireun Provinsi Aceh, dan Implikasi pengembangan kurikulum Ma’had Aly di Dayah Mudi Mesra Samalanga Bireun Provinsi Aceh terhadap kemampuan mahasantri. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Data penelitian ini dapat dikelompokkan menjadi dua sumber data yaitu: data primer yang terdiri dari direktur, wakil direktur Ma’had Aly bidang akademik urusan kurikulum, dosen, dan mahasantri. Data skunder yaitu data tentang konsep pengembangan kurikulum Dayah MUDI Mesra Samalanga Kabupaten Bireun Provinsi Aceh meliputi; latar belakang pengembangan kurikulum Ma’had MUDI Mesra; dasar atau prinsip-prinsip pengembangan kurikulum di Ma’had Aly MUDI Mesra Data Proses pengembangan kurikulum Ma’had Aly meliputi; metode penyusunan kurikulum, penilaian kurikulum, pengawasan kurikulum. Data implikasi pengembangan kurikulum terhadap kemampuan mahasantri. Teknik pengumpulan data dengan wawancara terstruktur, observasi dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini dilakukan sebelum memasuki lapan¬gan, selama di lapangan, dan setelah selesai di lapangan hingga penelitian sampai tuntas. Adapun komponennya adalah reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Hasil penelitian menunjukan konsep pengembangan kurikulum Ma’had Aly di Dayah MUDI Mesra Samalanga Kabupaten Bireun Provinsi Aceh semua berada pada kriteria baik. Proses pengembangan kurikulum berada pada kriteria baik, karena metode penyusunan kurikulum, penilaian kurikulum dan pengawasan kurikulum itu oleh pihak Ma’had Aly sendiri, karena Kemenag memberikan wewenag secara penuh kepada Ma’had Aly untuk dapat menjalankan pendidikan; dan implikasi pengembangan kurikulum Ma’had Aly terhadap kemampuan mahasantri itu bisa dikatakan baik dan berpengaruh kepada arah yang positif, sehingga mahasantri bisa mengembangkan potensinya. Berdasarkan penelitian ini disarankan pengembangan kurikulum Ma’had Aly di Dayah MUDI Mesra Samalanga Kabupaten Bireun Provinsi Aceh terus ditingkatkan ke arah yang lebih baik dan menjadi model pengembangan kurikulum lembaga pendidikan Ma’had Aly serta perguruan tinggi lainnya
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | pengembangan, kurikulum Ma’had Aly |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum |
Divisions: | Pascasarjana > Magister Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | S2 PAI IKHAC |
Date Deposited: | 15 Jul 2022 09:32 |
Last Modified: | 15 Jul 2022 09:32 |
URI: | http://repository.ikhac.ac.id/id/eprint/1171 |
Actions (login required)
View Item |