PENGEMBANGAN MEDIA ANIMASI STOPMOTION VIDEO DALAM PEMBELAJARAN QAWA’ID PADA SISWA KELAS XI MADRASAH ALIYAH

Djian, Ariska (2020) PENGEMBANGAN MEDIA ANIMASI STOPMOTION VIDEO DALAM PEMBELAJARAN QAWA’ID PADA SISWA KELAS XI MADRASAH ALIYAH. Diploma thesis, Institut Pesantren KH.Abdul Chalim.

[img] Text (COVER DAN ABSTRAK)
file 1.pdf - Published Version

Download (741kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
file 2.pdf - Published Version

Download (835kB)
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
file 3.pdf

Download (383kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
file 4.pdf - Published Version

Download (301kB)
[img] Text (SKRIPSI FULL TEXT)
file 5 full.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Kata Kunci : Media, Animasi Stopmotion Video, Pembelajaran Qawā'id.
Penelitian ini dilatar belakangi berbagai masalah dan hambatan dalam proses pembelajaran qawā’id sehingga siswa masih banyak yang belum menguasai materi. Bahkan untuk materi qawā’id yang sederhana siswa masih belum bisa memahami dam mengaplikasikan kaidah bahasa Arab kedalam sebuah kata maupun kalimat. Hal tersebut juga disebabkan guru kurang berinovasi dalam menggunakan media pembelajaran dalam menyampaikan materi qawā’id sehingga membuat siswa cepat bosan dan tidak memperhatikan pelajaran. Dengan ini peneliti mengembangkan media audiovisual berupa animasi stopmotion video untuk pembelajaran qawā’id bahasa Arab, dengan adanya media animasi stopmotion video yang memuat tulisan yang bergerak beserta penjelasan dan contoh dari materi qawā’id mampu membuat siswa mendapat gambaran nyata tentang penerapan kaidah bahasa Arab.
Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian dan pengembangan atau Research and Development (R&D) menggunakan model pengembangan Borg and Gall yang dimodifikasi. Data hasil penelitian didapatkan dari observasi, dokumentasi dan angket penilaian dari ahli.
Hasil penelitian dan pengembangan ini adalah dari analisis kegiatan observasi terhadap proses pembelajaran qawā’id menunjukkan bahwa kurangnya penggunaan media pembelajaran yang efektif dan efisien dalam pembelajaran qawā’id. Analisis hasil penilaian ahli terhadap desain media animasi stopmotion video sebesar 67% dengan kriteria “cukup valid”, dengan aspek media pembelajaran yaitu aspek tampilan umum, tampilan khsusu dan peyajian media. Hasil penilaian ahli materi terhadap konten animasi stopmotion video sebesar 74% dengan kriteria “valid” dan sudah sesuai dengan aspek materi yaitu relevansi, keakuratan, konsep dasar materi dan kesesuaian sajian dengan tuntutan pembelajaran yang terpusat pada siswa. Dari hasil analisis rata-rata penilaian ahli media dan materi media pembelajaran animasi stopmotion sebesar 70,5% dan dinyatakan “valid” dan layak untuk digunakan sebagai media pembelajaran qawā’id.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Media, Animasi Stopmotion Video, Pembelajaran Qawā'id.
Subjects: P Language and Literature > P Philology. Linguistics
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: S1 PBA IKHAC
Date Deposited: 30 Jun 2022 08:33
Last Modified: 30 Jun 2022 08:33
URI: http://repository.ikhac.ac.id/id/eprint/1157

Actions (login required)

View Item View Item