Luigi bayu, Kusuma negara (2020) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MINIATUR TIGA DIMENSI DALAM KETERAMPILAN BERBICARA BAHASA ARAB DI KELAS X MADRASAH ALIYAH. Diploma thesis, Institut Pesantren KH.Abdul Chalim.
Text (Cover dan abstrak)
(1) Cover & Abstrak.pdf - Published Version Download (1MB) |
|
Text (BAB I)
(2) BAB I Pendahuluan.pdf - Published Version Download (591kB) |
|
Text (BAB V)
(3) BAB V Penutup.pdf - Published Version Download (364kB) |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
(4) DAFTAR PUSTAKA-1.pdf - Published Version Download (479kB) |
|
Text (Skripsi full)
(5) Skripsi Full-1.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini dilandasi beberapa permasalahan dalam pembelajaran bahasa
Arab. Khususnya dalam keterampilan berbicara bahasa Arab, peserta didik
kesulitan berbicara dalam belajar bahasa Arab khususnya dalam mengungkapkan
kalimat sederhana dengan menggunakan bahasa Arab dan sulit memahami
pembelajaran bahasa Arab. Hal ini disebabkan beberapa faktor, diantaranya dari
segi metode pembelajaran, guru hanya menggunakan metode ceramah dan
terjemah, sehingga pembelajaran menjadi monoton serta membuat peserta didik
menjadi jenuh dan bosan. Dan dari segi media yang digunakan dalam
pembelajaran bahasa Arab, guru belum menggunakan media yang bervariasi
dalam pembelajaran sehingga peserta didik merasa jenuh dan bosan. Dengan ini
peneliti menyimpulkan perlu adanya pengembangan media yang dapat menunjang
keterampilan berbicara peserta didik dalam proses pembelajaran, media yang
digunakan yaitu media miniatur tiga dimensi dalam pembelajaran keterampilan
berbicara bahasa Arab.
Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode
penelitian dan pengembangan (Research and Development) menggunakan model
pengembangan Borg dan Gall. Data hasil penelitian didapatkan dari observasi,
dokumentasi dan angket penilaian dari ahli.
Hasil analisis dari para ahli terhadap produk mendapatkan analisis nilai
dari validator ahli materi dengan presentase 73% dengan kriteria “cukup valid”,
dengan aspek penilaian yaitu relevansi, keakuratan, konsep dasar materi dan
kesesuaiaan sajian dengan tuntutan pembelajaran yang berpusat pada peserta
didik. Dan analisis nilai dari ahli media dengan presentase 75% dengan kriteria
“cukup valid”, dengan aspek penilaian media pembelajaran yaitu tampilan khusus,
tampilan umum dan penyajian media. Dari hasil analisis para ahli mendapatkan
nilai rata-rata 68% dan kemudian dilakukannya revisi sesuai dengan masukan dari para ahli
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Media Miniatur Tiga Dimensi, Keterampilan berbicara,Penelitian dan Pengembangan |
Subjects: | P Language and Literature > P Philology. Linguistics |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Bahasa Arab |
Depositing User: | S1 PBA IKHAC |
Date Deposited: | 24 May 2022 11:54 |
Last Modified: | 24 May 2022 11:54 |
URI: | http://repository.ikhac.ac.id/id/eprint/1145 |
Actions (login required)
View Item |