Haria, Fajri (2019) PERAN KEPALA MADRASAH DAN GURU AKIDAH AKHLAK DALAM PENGUATAN KARAKTER PESERTA DIDIK KELAS IX E MADRASAH TSANAWIYAH UNGGULAN HIKMATUL AMANAH. Diploma thesis, INSTITUT KH.ABDUL CHHALIM.
Text (Cover dan Abstrak)
Cover & Abstrak_Haria Fajri.pdf - Published Version Download (129kB) |
|
Text (BAB 1)
BAB I_ Haria Fajri.pdf - Published Version Download (202kB) |
|
Text (BAB V)
BAB V_Haria Fajri.pdf - Published Version Download (127kB) |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA_Haria Fajri.pdf - Published Version Download (183kB) |
|
Text
Haria Fajri_Full Skripsi.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
Berlatar belakang pada realita permasalahan di MTs Unggulan Hikmatul Amanah menuntut perlu diupayakanya penguatan karakter peserta didik. Sikap dan perilaku peserta didik yang tidak taat aturan; datang terlambat ke madrasah, tidak melengkapai atribut madrasah, baju keluar bagi peserta didik laki-laki, memakai sepatu berwarna yang tidak sesuai dengan ketentuan madrasah, keluar masuk saat jam pembelajaran, mengerjakan PR di madrasah saat kegiatan pembelajaran akan dimulai. Perilaku dan sikap peserta didik yang demikian itu mencerminkan kurang baiknya karakter peserta didik. Oleh karana itu, sangat beralasan jika berbagai upaya terus dilakukan agar karakter peserta didik mencapai eskpektasi yang diharapkan baik oleh madrasah, orang tua dan negara dalam konteks umum. Untuk itu, upaya yang dilakukan kepala madrasah dan guru akidah akhlak sangat menentukan kualitas karakter yang dihasilkan bagi peserta didik.
Tujuan yang ingin dicapai dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan nilai-nilai karakter yang dikembangkan di MTs UHA, untuk mengetahui upaya kepala mdrasah dan guru akidah akhlak dalam penguatan karakter dan untuk mengetahui kendala yang dihadapi kepala madrasah dan guru akidah akhlak dalam penguatan karakter peserta didik. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan mendeskripsikan tentang fenomena-fenomena yang ada. Tehnik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa terdapat tiga nilai karakter utama yang dikembangkan oleh pihak madrasah pada peserta didik yakni karakter religius, disiplin dan tanggung jawab. Penguatan karakter peserta didik oleh kepala madrasah dilakukan dengan membiasakan peserta didik untuk melaksanakan rutinitas madrasah, Pelaksanaan Tata Tertib dan ekstrakurikuler. Oleh guru akidah akhlak penguatan karakter peserta didik diupayakan melalui pengintegrasian nilai karakter dalam kegiatan pembelajaran, dengan memkasimalkan peran guru (pendidik, pembimbing dan evaluator). Hambatan kepala madrasah dan guru akidah akhlak dalam penguatan karakter peserta didik adalah keterbatasan jumlah tenaga pendidik, komunikasi yang tidak efektif dan pengaruh lingkngan yang relatif masih kuat.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Peran Kepala Madrasah, Guru Akidah Akhlak, Penguatan Karakter Peserta Didik |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | S1 Mpi Ikhac |
Date Deposited: | 14 Aug 2020 09:28 |
Last Modified: | 14 Aug 2020 09:28 |
URI: | http://repository.ikhac.ac.id/id/eprint/114 |
Actions (login required)
View Item |