PERAN GURU DALAM PEMANFAATAN LINGKUNGAN SEBAGAI SUMBER BELAJAR MUATAN PPKn PADA TEMA I KELAS IV DI SD INPRES 27 ARAR PAPUA BARAT

Nurlela, Warwey (2020) PERAN GURU DALAM PEMANFAATAN LINGKUNGAN SEBAGAI SUMBER BELAJAR MUATAN PPKn PADA TEMA I KELAS IV DI SD INPRES 27 ARAR PAPUA BARAT. Diploma thesis, Institut Pesantren KH. Abdul Chalim.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (215kB)
[img] Text (Bab 1 Pendahuluan)
BAB I.pdf - Published Version

Download (336kB)
[img] Text (Bab V Kesimpulan)
BAB V Kesimpulan.pdf - Published Version

Download (200kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (316kB)
[img] Text (Skripsi Full Teks)
Skripsi Full 1.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Di tengah-tengah perkembangan zaman ke arah era globalisasi, nilai-nilai disiplin semakin memudar. Hal inilah yang membuat banyak guru berfikir tentangcara meningkatkan kedisiplinan siswa. Kegiatan belajar mengajar di MI Miftahul ulum Cepokolimo berlangsung dengan baik. Akan tetapi, banyak siswa selain kelas V di MI Miftahul ulum Cepokolimo yang masih kurang disiplin dalam proses kegiatan belajarmengajar. Banyak siswa yang masih belum ikut membariskan diri ketikaakan masuk kelas.
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana Pelaksanaan ekstra kurikuler pramuka di kelas V MI Miftahul ulum Cepokolim, serta bagaimana pembentukan nilai karakter kedisiplinan siswa melalui kegiatan ekstra pramuka di kelas V MI Miftahul ulum Cepokolimo. Penelitian ini mengggunakan pendekatan penelitian Kualitatif dengan jenis penelitian deskripsi . Dengan sumber data dari kepala sekolah, pembeina pramuka, kegiatan pramuka dan siswa. Pengambilan data melalui wawancara, observasi serta dokumentasi. Kemudian data dikumpulkan, direduksi, disajikan kemudian disimpulkan
Hasil penelitiannya adalah Kegiatan pramuka dilaksanakan seminggu dua kali yaitu hari sabtu dan minggu. Implementasi kegiatan pramuka dalam membentuk karakter disiplin siswa di telah berjalan sebagaimana yang diharapkan. Hal ini dibuktikan dengan tercapainya 4 indikator kedisiplinan. Kedisiplinan dalam menepati jadwal pelajaran, kedisiplinan dalam menghadapi godaan untuk menunda waktu dimaksudkan, kedisiplinan terhadap diri sendiri berfokus pada sikap kemandirian siswa dan kedisiplinan dalam menjaga kondisi fisik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Peran Guru; Pemanfaatan Lingkungan;Sumber Belajar; Muatan PPKn.
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: S1 PGMI IKHAC
Date Deposited: 14 Aug 2020 06:14
Last Modified: 14 Aug 2020 06:14
URI: http://repository.ikhac.ac.id/id/eprint/110

Actions (login required)

View Item View Item