wiwin, widayati (2020) OPTIMALISASI PENGURUTAN BAHAN BELAJAR BERDASARKAN TEORI GAGNE DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN PAI DI MI NURUL ISLAM KABUPATEN PROBOLINGGO. Masters thesis, Institut Pesantren KH. Abdul Chalim.
Text (cover dan abstrak)
cover dan abstrak.pdf - Published Version Download (133kB) |
|
Text (bab I Pendahuluan)
BAB I Pendahuluan.pdf - Published Version Download (333kB) |
|
Text (bab V Penutup)
BAB V Penutup.pdf - Published Version Download (85kB) |
|
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version Download (228kB) |
|
Text (tesis utuh)
tesis utuh- repository.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Abstrak
Peningkatan hasil belajar siswa sangat dipengaruhi oleh keterlibatan guru dalam megawal proses belajar mengajar. maka guru harus memiliki kepiawaian menjalani proses belajar mengajar di antaranya melalui pengurutan bahan ajar yang memudahkan siswa memahami materi. Fokus masalah dalam penelitian ini adalah 1) Bagaimana optimalisasi pengurutan bahanbelajar berdassarkan teori Gagne dalam meningkatkan hasil belajar mata pelajaran PAI MI Nurul Islam Probolinggo 2)Apa saja yang menghambat optimalisasi pengurutan bahan belajar berdasarkan teori Gagne dalam meningkatan hasil belajar mata pelajaran PAI MI Nurul Islam.
Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif, yang mana penelitian ini melakukan penyelidikan dengan menggambarkan keadaan objek maupun subjek penelitian berdasarkan fakta-fakta yang tampak sebagaimana adanya dengan data-data berupa kata-kata atau lisan oleh orang atau perilaku yang dapat diamati. Teori yang digunakan dalam menjelaskan informasi yang diperoleh dari informan adalah pengurutan bahan belajar, teori Gagne, dan teori hasil belajar siswa.
Hasil penelitian ini adalah bahwa 1) Bentuk dan penerapan pengurutan bahan belajar ala Gagne di MI Nurul Islam Probolinggo diselenggarakan oleh guru PAI secara trial and erorsisi manajerial kepala madrasah, keterbatasan ketrampilan dan kemampuan teknis dan rivalitasnya dengan pengawas madrasah sering menyulitkan guru PAI pada saat pembinaan kinerja guru. Kedua, hambatan dan kendala perbedan persepsi, penerapan teknis pembelajaran, perbedaan hasil dan capaian pembelajaran yang diperoleh oleh siswanya menyebabkan kedala tersendiri bagi optimalisasi penerapa pengurutan bahan belajar ala Gagne. Ketiga adalah hambatan dan kendala pada sisi siswa, di mana keterbatasan input siswa menjadikan pegurutan hasil belajar ala Gagne yang memerlukan proses yang panjang dan detail, belum menghasilkan optimalisasi hasil belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pengurutan Bahan Belajar, Teori Gagne, Hasil Belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum |
Divisions: | Pascasarjana > Magister Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | S2 PAI IKHAC |
Date Deposited: | 31 Mar 2022 08:43 |
Last Modified: | 31 Mar 2022 08:43 |
URI: | http://repository.ikhac.ac.id/id/eprint/1070 |
Actions (login required)
View Item |