siti, farida (2020) STRATEGI PEMBELAJARAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENINGKATKAN AKHLAKUL KARIMAH PESERTA DIDIK Studi Kasus Di Sekolah Dasar Islam Terpadu Permata Kota Probolinggo. Masters thesis, Institut Pesantren KH Abdul Chalim.
Text (cover dan abstrak)
cover dan abstrak.pdf - Published Version Download (139kB) |
|
Text (bab I Pendahuluan)
BAB I Pendahuluan.pdf - Published Version Download (274kB) |
|
Text (bab V Penutup)
BAB V Penutup.pdf - Published Version Download (133kB) |
|
Text (daftar pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version Download (204kB) |
|
Text (tesis fullteks)
tesis Fullteks..pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
ABSTRAK
Tesis ini mengkaji tentang strategi pembelajaran guru pendidikan agama Islam dalam meningkatkan akhlakul karimah peserta didik di Sekolah Dasar Islam Terpadu Permata Kota Probolinggo.
Adapun tujuan penelitian ini adalah mengetahui strategi Pembelajaran,mendeskripsikan akhlakul karimah, serta menganalisis dampak daristrategi pembelajaran guru pendidikan agama Islam.Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan menggunakanpendekatan spiritual, psikologis, pedagogis. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini berupa data primer dan data sekunder. Sumber data primer yang terdiri dari kepala sekolah,wakil kepala sekolah, guru pendidikan agama Islam dan guru-guru lainnya. Sumber data sekunder adalah terdiri dari data dokumentasi penting yaitu majalah sekolah, data guru, data peserta didik dan datasaran dan prasarana. Instrument penelitian yang utama adalah peneliti sendiri kemudian dikembangkan dengan menggunakan panduan observasi, wawancara, dan check dokumentasi. Adapun teknik pengolahan dan analisis data melalui tiga tahap yaitu, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian sementara menunjukkan bahwa strategi pembelajaran pendidikan agama Islam adalah strategi pembelajaran inkuiri, strategi pembelajaran ekspositori, strategi pembelajaran cooperative, strategi pembelajaran afektif dan strategi pembelajaran problem solving,yang di dalamnya terdiri dari metode keteladanan, anjuran, Tanya jawab, diskusi,ceramah, pembiasaan, latihan, kerja kelompok, penugasan,panishment, reward.
Adapun gambaran akhlakul karimah peserta didik dengan indicator penilaian yaitu keagamaannya, kedisplinannya, pergaulan, kebersihan dan tanggung jawab pesertadidik. Adapun dampak dari strategi pembelajaran terhadap akhlakul karimah peserta didik sudah cukup baik yaitu peserta didik sudah mulai rajin ibadah, disiplin,bertanggng jawab, pergaulan serta pengembangan diri, walaupun belum mencapaisesuai yang diharapkan, sehingga strategi pembelajaran harus lebih dikembangkan lagi yaitu dengan cara mencari staregi-startegi pembelajaran yang dapat lebih meningkatkan akhlakul karimah peserta didik.Implikasi dari penelitian ini adalah strategi pembelajaran pendidikan agama Islam terhadap peningkatan akhlak peserta didik di SDIT Permata Kota Probolinggo, secara teoritis cukup bagus, namun dampak tehadap akhlakul karimah peserta didik masih kurang,sehingga perlu pengembangan lebih dalam lagi
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | strategi, PAI, akhlak |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | S2 PAI IKHAC |
Date Deposited: | 31 Mar 2022 08:42 |
Last Modified: | 31 Mar 2022 08:42 |
URI: | http://repository.ikhac.ac.id/id/eprint/1067 |
Actions (login required)
View Item |