Izzah, Muhammad (2020) PENERAPAN STRATEGI ACTIVE LEARNING DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (Studi Kasus di SMP Pahlawan Mojosari Kabupaten Mojokerto). Masters thesis, Institut Pesantren KH Abdul Chalim.
Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version Download (378kB) |
|
Text (BAB I)
BAB 1 Izzah.pdf - Published Version Download (231kB) |
|
Text (BAB V)
BAB V IZZAH.pdf - Published Version Download (215kB) |
|
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA IZZA.pdf - Published Version Download (212kB) |
|
Text (Thesis Full Text)
PENERAPAN STRATEGI ACTIVE LEARNING DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR IZZAH.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Untuk mengetahui tentang penerapan strategi active learning dalam meningkatkan motivasi belajar pendidikan agama Islam. Untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat penerapan strategi active learning dalam meningkatkan motivasi belajar pendidikan agama Islam.Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan pendekatan deskripsi eksplanatif. Berdasarkan hasil temuan dilapangan diketahui bahwa penerapan strategi active learning yang diterapkan di SMP Pahlawan Mojosari Kabupaten Mojokerto diwujudkan dalam beberapa komponen yang saling mempengaruhi yaitu tujuan pembelajaran, pemilihan metode dan media pembelajaran yang sesuai dengan isi atau materi pelajaran serta guru dan siswa. Komponen-komponen tersebut dirancang agar dalam pelaksanaannya siswa lebih aktif dalam pembelajaran. Strategi ini diterapkan untuk memberikan kemudahan kepada siswa mengenal, memahami, menghayati, dan menerapkan materi yang disampaikan guru dalam kehidupan siswa, sehingga tujuan pemeblajaran Pendidikan Agama Islam bisa terwujud. Hal ini dibuktikaan ketika pelaksanaan penerapan strategi active learning dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Pahlawan Mojosari Kabuapten Mojokerto terwujud dalam tiga strategi active learning: a. diskusi kelompo, b. presntasi dan C. simulasi. Dengan pelaksanaan metode ini siswa tidak hanya aktif secara emosional tetapi perasaan, intelektual, penginderaaannya serta fisiknya dan juga Ada dua faktor pendukung terlaksananya penerapan strategi active learning dalam pembelajran Pendidikan Agama Islam meliputi: profesionalitas guru, sarana dan prasarana. Sedangkan ada dua faktor pula yang menghambat terwujudnya strategi active learning dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam, yaitu : kurangnya persiapan guru dalam merencanakan skenario pembelajaran dan kurangnya motivasi siswa disebabkan latar belakang yang berbeda, seperti lingkungan sosial, lingkungan budaya, gaya belajar, keadaan ekonomi dan kecerdasan.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Rekrutmen, Seleksi, dan Kualitas Pendidikan |
Subjects: | T Technology > TP Chemical technology |
Divisions: | Pascasarjana > Magister Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | S2 PAI IKHAC |
Date Deposited: | 13 Jan 2022 11:30 |
Last Modified: | 13 Jan 2022 11:30 |
URI: | http://repository.ikhac.ac.id/id/eprint/1046 |
Actions (login required)
View Item |