Jupri, Abusin (0030) MANAJEMEN MONITORING PEMBELAJARAN BERBASIS E-LEARNING (STUDI KASUS DI SMK RADEN PATAH MOJOSARI). Masters thesis, Institut Pesantren KH. Abdul Chalim.
Text (Cover Dan Abstrak)
COVER DAN ABSTRAK.pdf - Published Version Download (1MB) |
|
Text (BAB I PENDAHULUAN)
BAB I PENDAHULUAN.pdf - Published Version Download (1MB) |
|
Text (BAB V PENUTUP/KESIMPULAN)
BAB V PENUTUP.pdf - Published Version Download (92kB) |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (195kB) |
|
Text (TESIS FULL WATERMARK)
TESIS FULL WATERMARK.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
ABSTRAK
E-learning merupakan sistem pembelajaran yang menggunakan aplikasi elektronik untuk mendukung kegiatan belajar mengajar dengan media internet atau jaringan komputer sehingga memungkinkan pembelajaran tanpa tatap muka. Lebih lanjut proses tersebut membantu siswa mengakses dan mengembangkan pengetahuannya melalui media yang lebih cepat dan mudah. Monitoring adalah proses pengumpulan data/informasi dan analisisnya berdasarkan indikator yang telah ditetapkan mengenai program atau kegiatan sekolah untuk dikoreksi demi penyempurnaan program atau kegiatan sekolah. Tujuan penelitian ini untuk 1) menganalisis penerapan manajemen monitoring terhadap pembelajaran berbasis e-learning. 2) menganalisis implikasi manajemen monitoring terhadap pembelajaran berbasis e-learning.
Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif, dengan jenis managerial atau lebih umum dengan istilah pendekatan manajemen. Subjek dalam penelitian ini adalah Kepala Sekolah, Waka Kepala Sekolah, Guru Teknik, Siswa.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa, 1) Penerapan Monitoring Terhadap Pembelajaran Berbasis E-Learning.: (a) Perencanaan Monitoring Pembelajaran. Pertama, persiapan Sumber Daya Manusia (SDM). Kedua, training e-learning bagi semua yang terlibat dalam pembelajaran yang di terapkan di SMK Raden Patah Mojosari. (b) Pelaksanaan Monitoring Pembelajaran. Pertama, tahap pelaksanaan monitoring pembelajaran e-learning (Pembuatan RPP, pemilihan Media Komputer, HP dan Laptop berbasis WEB). Kedua, Pendekatan (dengan menggunakan aplikasi, WA, Classroom, Moodle, Zoom). Ketiga, Metode monitoring pembelajaran (pembelajaran secara langsung atau real time dan pembelajaran secara tidak langsung berbasis web atau web basis). Keempat Jaringan internet, Kelima, Motivasi Peserta Dididk, Keenam Sarana dan prasarana. (c) Evaluasi monitoring pebelajaran. 2) Implikasi Monitoring Terhadap Pembelajaran Berbasis E-Learning terbagi menjadi dua yaitu; (a) dampak monitoring pembelajaran e-learning terhadap guru, (b) dampak monitoring pembelajaran e-learning terhadap peserta didik.
Implikasi monitoring terhadap pembelajaran berbasis e-learning terbagi menjadi dua yaitu; a) dampak monitoring pembelajaran e-learning terhadap guru, b) dampak monitoring pembelajaran e-learning terhadap guru.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata Kunci : Manajemen Monitoring, Pembelajaran Berbasis E-Learning. |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Pascasarjana > Magister Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | S2 MPI IKHAC |
Date Deposited: | 25 Oct 2021 10:07 |
Last Modified: | 25 Oct 2021 10:07 |
URI: | http://repository.ikhac.ac.id/id/eprint/1002 |
Actions (login required)
View Item |