PENGARUH METODE PERMAINAN TEBAK KATA TERHADAP PENINGKATAN MAHARAH KALAM DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB ( Pada Peserta Didik Kelas VIII A Dan VIII B Excellent MTs Unggulan PP. Amanatul Ummah Pacet, Mojokerto)

muchammad, ichwan (2020) PENGARUH METODE PERMAINAN TEBAK KATA TERHADAP PENINGKATAN MAHARAH KALAM DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB ( Pada Peserta Didik Kelas VIII A Dan VIII B Excellent MTs Unggulan PP. Amanatul Ummah Pacet, Mojokerto). Diploma thesis, Institut Pesantren KH. Abdul Chalim.

[img] Text (cover dan abstrak)
1. COVER DAN ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (4MB)
[img] Text (BAB 1)
2.BAB 1.pdf - Published Version

Download (4MB)
[img] Text (BAB 5)
3.BAB akhir.pdf - Published Version

Download (4MB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
4.DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB)
[img] Text (Skripsi Full Teks)
5. SKRIPSI FULL WATERMARK.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (19MB)

Abstract

Keterampilan.berbicara.(maharah kalam). merupakan.salah satu.keterampilan bahasa yang sukar dicapai oleh peserta didik karena berbagai macam faktor yang menghalangi dan memperlambat keberhasilan yang di hadapi saat pelaksanaan proses belajar mengajar. Metode Permainan Tebak Kata merupakan metode yang mengikut sertakan peserta didik. secara. aktif, dan. menuntut. peserta. didik untuk. inovatif serta dilakukan secara menyenangkan sehingga memungkinkan peserta didik untuk meningkatkan kemampuan berbicara bahasa.Arab.
Penelitian.ini. bertujuan. untuk. (1) mengetahui hasil pembelajaran.maharah kalam bahasa. Arab sebelum penggunaan metode permainan. tebak kata pada peserta didik. VIII A dan.VIII B Excellent MTs Unggulan PP. Amanatul Ummah Pacet, Mojokerto.(2) mengetahui hasil pembelajaran maharah kalam bahasa. Arab.dengan menggunakan. Metode.permainan tebak kata pada peserta didik VIII A dan VIII B MTs Unggulan PP. Amanatul Ummah Pacet, Mojokerto. (3) mengetahui pengaruh metode permainan tebak kata untuk meningkatkan maharah kalam dalam pembelajaran Arab pada. peserta didik. kelas. VIII A dan. VIII. B Excellent Mts Unggulan pp. Amanatul Ummah Pacet, Mojokerto.
Metode yang. digunakan. dalam penelitian ini. adalah. pendekatan kuantitatif dengan jenis eksperimen. bentuk quasi. eksperimental. Yang mana pengumpulan datanya menggunakan. teknik tes, dokumentasi, dan. observasi.
Hasil uji. hipotesis. hasil. belajar peserta. didik dengan. perhitungan. memakai rumus. uji paired sampel t test menggunakan.program SPSS versi 26 menunjukkan. bahwa, nilai sig. (2-tailed) sebesar 0,000. Karna nilai 0,000 < 0,05 maka dapat ditarik kesimpulan bahwa. ada. perbedaan. nilai keterampilan berbicara peserta didik untuk pre-test. dan. post-test dari kelas. eksperimen. Sedangkan Berdasarkan analisis dari uji independent sampel t test menunjukkan hasil nilai sig.(2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05 sehingga dapat disimpulkan bahwa ada peningkatan kemampuan berbicara (maharah kalam) secara signifikan menggunakan metode permainan tebak kata. Hal tersebut. bisa diperhatikan dari peningkatan nilai.. rata-rata post- test kelas eksperimen. Sebesar. 15,1% dari nilai. yang diperoleh saat pre-test.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: Metode Pembelajaran, Metode Permainan Tebak Kata, Maharah Kalam
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: S1 PBA IKHAC
Date Deposited: 02 Nov 2021 09:30
Last Modified: 02 Nov 2021 09:30
URI: http://repository.ikhac.ac.id/id/eprint/992

Actions (login required)

View Item View Item