POLA KOMUNIKASI INTERPERSONAL PENGASUH LEMBAGA KESEJAHTERAAN SOSIAL ANAK (LKSA) VILLA DO’A YATIM SEJAHTERA TERHADAP ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS DALAM MEMBENTUK KEMANDIRIAN

RAHMA, FITRI DAYANA (2021) POLA KOMUNIKASI INTERPERSONAL PENGASUH LEMBAGA KESEJAHTERAAN SOSIAL ANAK (LKSA) VILLA DO’A YATIM SEJAHTERA TERHADAP ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS DALAM MEMBENTUK KEMANDIRIAN. Diploma thesis, Institut Pesantren KH Abdul Chalim.

[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (595kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version

Download (377kB)
[img] Text (COVER DAN ABSTRAK)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (521kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (480kB)
[img] Text (POLA KOMUNIKASI INTERPERSONAL PENGASUH LEMBAGA KESEJAHTERAAN SOSIAL ANAK (LKSA) VILLA DO’A YATIM SEJAHTERA TERHADAP ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS DALAM MEMBENTUK KEMANDIRIAN)
POLA KOMUNIKASI INTERPERSONAL PENGASUH LEMBAGA KESEJAHTERAAN SOSIAL ANAK (LKSA) VILLA DO’A YATIM SEJAHTERA TERHADAP ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS DALAM MEMBENTUK KEMANDIRIAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Anak Berkebutuhan Khusus yang di besarkan di lembaga sosial memiliki hak yang sama seperti anak yang tumbuh kembangnya dalam lingkungan keluarga. Manusia merupakan makhluk sosial, artinya dalam kehidupan sehari-hari tidak akan terlepas dengan yang namanya komunikasi. Salah satu bentuk komunikasi adalah komunikasi interpersonal yang terjadi antara pengasuh kepada anak berkebutuhan khsus untuk memberikan motivasi serta nasihat dalam hal membentuk kemandirian. Oleh karena itu pengasuh membutuhkan pola komunikasi yang baik untuk membentuk kemandirian.
Dalam skripsi ini yang menjadi rumusan masalahnya adalah pertama, bagaimana tahapan komunikasi interpersonal pengasuh Lembaga Kesejahteraan Sosial Anak (LKSA) Villa Do’a Yatim Sejahtera terhadap anak berkebutuhan khusus dalam membentuk kemandirian? Kedua, bagaimana pola komunikasi interpersonal pengasuh Lembaga Kesejahteraan Sosial Anak (LKSA) Villa Do’a Yatim Sejahtera terhadap anak berkebutuhan khusus dalam membentuk kemandirian, maka untuk menjawab rumusan masalah diatas penelitian ini menggunakan penelitian berjenis kualitatif yang bersifat deskriptif, data yang diperoleh melalui wawancara kepada tiga informan dan dilengkapi dari hasil observasi serta dokumentasi yang dilakukan oleh peneliti. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori penetrasi sosial untuk menjelaskan perkembangan tahapan dari komunikasi interpersonal.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwasanya empat tahapan komunikasi interpersonal yakni tahap orientasi, tahap pertukaran eksplorasi, tahap pertukaran afektif, dan tahap pertukaran stabil yang digunakan oleh pengasuh Lembaga Kesejahteraan Sosial Anak (LKSA) Villa Do’a Yatim Sejahtera kepada anak berkebutuhan khusus serta pola komunikasi roda dan pola komunikasi bintang dapat membentuk kemandirian anak

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Pola Komunikasi Interpersonal, Pengasuh, Anak Berkebutuhan Khusus, Lembaga Kesejahteraan Sosial Anak (LKSA) Villa Do’a Yatim Sejahtera, Kemandirian
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology
Divisions: Fakultas Dakwah dan Ushuluddin > Broadcasting
Depositing User: S1 KPI IKHAC
Date Deposited: 30 Sep 2021 07:48
Last Modified: 30 Sep 2021 07:48
URI: http://repository.ikhac.ac.id/id/eprint/954

Actions (login required)

View Item View Item