RAHMA, FITRI DAYANA (2021) POLA KOMUNIKASI INTERPERSONAL PENGASUH LEMBAGA KESEJAHTERAAN SOSIAL ANAK (LKSA) VILLA DO’A YATIM SEJAHTERA TERHADAP ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS DALAM MEMBENTUK KEMANDIRIAN. Diploma thesis, Institut Pesantren KH Abdul Chalim.
Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version Download (595kB) |
|
Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version Download (377kB) |
|
Text (COVER DAN ABSTRAK)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version Download (521kB) |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (480kB) |
|
Text (POLA KOMUNIKASI INTERPERSONAL PENGASUH LEMBAGA KESEJAHTERAAN SOSIAL ANAK (LKSA) VILLA DO’A YATIM SEJAHTERA TERHADAP ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS DALAM MEMBENTUK KEMANDIRIAN)
POLA KOMUNIKASI INTERPERSONAL PENGASUH LEMBAGA KESEJAHTERAAN SOSIAL ANAK (LKSA) VILLA DO’A YATIM SEJAHTERA TERHADAP ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS DALAM MEMBENTUK KEMANDIRIAN.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (4MB) | Request a copy |
Abstract
Anak Berkebutuhan Khusus yang di besarkan di lembaga sosial memiliki hak yang sama seperti anak yang tumbuh kembangnya dalam lingkungan keluarga. Manusia merupakan makhluk sosial, artinya dalam kehidupan sehari-hari tidak akan terlepas dengan yang namanya komunikasi. Salah satu bentuk komunikasi adalah komunikasi interpersonal yang terjadi antara pengasuh kepada anak berkebutuhan khsus untuk memberikan motivasi serta nasihat dalam hal membentuk kemandirian. Oleh karena itu pengasuh membutuhkan pola komunikasi yang baik untuk membentuk kemandirian.
Dalam skripsi ini yang menjadi rumusan masalahnya adalah pertama, bagaimana tahapan komunikasi interpersonal pengasuh Lembaga Kesejahteraan Sosial Anak (LKSA) Villa Do’a Yatim Sejahtera terhadap anak berkebutuhan khusus dalam membentuk kemandirian? Kedua, bagaimana pola komunikasi interpersonal pengasuh Lembaga Kesejahteraan Sosial Anak (LKSA) Villa Do’a Yatim Sejahtera terhadap anak berkebutuhan khusus dalam membentuk kemandirian, maka untuk menjawab rumusan masalah diatas penelitian ini menggunakan penelitian berjenis kualitatif yang bersifat deskriptif, data yang diperoleh melalui wawancara kepada tiga informan dan dilengkapi dari hasil observasi serta dokumentasi yang dilakukan oleh peneliti. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori penetrasi sosial untuk menjelaskan perkembangan tahapan dari komunikasi interpersonal.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwasanya empat tahapan komunikasi interpersonal yakni tahap orientasi, tahap pertukaran eksplorasi, tahap pertukaran afektif, dan tahap pertukaran stabil yang digunakan oleh pengasuh Lembaga Kesejahteraan Sosial Anak (LKSA) Villa Do’a Yatim Sejahtera kepada anak berkebutuhan khusus serta pola komunikasi roda dan pola komunikasi bintang dapat membentuk kemandirian anak
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pola Komunikasi Interpersonal, Pengasuh, Anak Berkebutuhan Khusus, Lembaga Kesejahteraan Sosial Anak (LKSA) Villa Do’a Yatim Sejahtera, Kemandirian |
Subjects: | H Social Sciences > HM Sociology |
Divisions: | Fakultas Dakwah dan Ushuluddin > Broadcasting |
Depositing User: | S1 KPI IKHAC |
Date Deposited: | 30 Sep 2021 07:48 |
Last Modified: | 30 Sep 2021 07:48 |
URI: | http://repository.ikhac.ac.id/id/eprint/954 |
Actions (login required)
View Item |