IMPLEMENTASI METODE WAHDAH DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGHAFAL AL-QUR’AN PADA PESERTA DIDIK SEKOLAH MENENGAH PERTAMA UNGGULAN BERBASIS PESANTREN AMANATUL UMMAH PACET-MOJOKERTO

Nofika Ria Nur Farida, Nofika Ria Nur Farida (2021) IMPLEMENTASI METODE WAHDAH DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGHAFAL AL-QUR’AN PADA PESERTA DIDIK SEKOLAH MENENGAH PERTAMA UNGGULAN BERBASIS PESANTREN AMANATUL UMMAH PACET-MOJOKERTO. Diploma thesis, Institut Pesantren KH Abdul Chalim.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (350kB)
[img] Text (BAB 1 Pendahuluan)
BAB 1 Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (330kB)
[img] Text (BAB 5 Penutup)
BAB 5 Penutup.pdf - Published Version

Download (215kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (254kB)
[img] Text (Skripsi Fulltext)
Skripsi Full.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Pembelajaran Tahfidzul Qur’an merupakan proses mempelajari Al-Qur’an dengan cara menghafalkannya agar selalu ingat dan dapat mengucapkannya di luar kepala tanpa melihat mushaf. Sekolah Menengah Pertama Unggulan Berbasis Pesantren Amanatul Ummah merupakan Lembaga yang mendapat surat keputusan (SK) dari Kementerian Pendidikan dan Budaya (Kemendikbud) dan Kementerian Negara (Kemenag) yaitu Sekolah Berbasis Pesantren sehingga menggunakan pendekatan Tahfidzul Qur’an. Metode yang diterapkan adalah metode wahdah, penerapan metode wahdah ini membantu peserta didik mudah dalam menghafalkan Al-Qur’an dengan menghafal ayat per ayat.
Penelitian ini fokus pada: (1) Bagaimana Perencanaan metode wahdah dalam meningkatkan kemampuan menghafal Al-Qur’an pada peserta didik Sekolah Menengah Pertama Berbasis Pesantren Amanatul Ummah. (2) Bagaimana Pelaksanaan metode wahdah dalam meningkatkan kemampuan menghafal Al-Qur’an pada peserta didik Sekolah Menengah Pertama Berbasis Pesantren Amanatul Ummah. (3) Bagaimana Evaluasi metode wahdah dalam meningkatkan kemampuan menghafal Al-Qur’an pada peserta didik Sekolah Menengah Pertama Berbasis Pesantren Amanatul Ummah.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi lapangan, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data meliputi pengumpulan data, penyajian data dan verifikasi data.
Dari analisis data penelitian maka hasil penelitian sebagai berikut (1) perencanaan metode wahdah di Sekolah Menengah Pertama Berbasis Pesantren Amanatul Ummah adanya pembagian kelompok atau pembagian kelas sesuai dengan kemampuannya. (2) pelaksanaan metode wahdah membantu mempermudah peserta didik dalam menghafal dengan membaca ayat-ayat Al-Qur’an dengan tartil secara berulang-ulang, menghafal ayat per ayat dan tarqiq. (3) Evaluasinya apabila peserta didik menghafal satu juz maka akan ujian dengan ustadz/ ustadzah selain pembimbing kelasnya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Metode Wahdah, Menghafal Qur’an, Peserta didik
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: S1 PAI IKHAC
Date Deposited: 15 Sep 2021 08:07
Last Modified: 15 Sep 2021 08:07
URI: http://repository.ikhac.ac.id/id/eprint/928

Actions (login required)

View Item View Item