Implementasi Nilai-Nilai Islam Moderat Melalui Pendidikan Berbasis Multikultural di SMK Islam Baburrohmah Mojosari Mojokerto

HAPSI, ALAWI (2021) Implementasi Nilai-Nilai Islam Moderat Melalui Pendidikan Berbasis Multikultural di SMK Islam Baburrohmah Mojosari Mojokerto. Masters thesis, Institut Pesantren KH. Abdul Chalim.

[img] Text (cover dan abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf.pdf - Published Version

Download (562kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf.pdf - Published Version

Download (785kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf.pdf - Published Version

Download (368kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf.pdf - Published Version

Download (568kB)
[img] Text (TESIS HAPSI ALAWI)
Tesis Hapsi Alawi.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini yaitu, Pertama untuk mendeskripsikan dan menganalisis implementasi nilai-nilai islam moderat melalui pendidikan berbasis multikultural di SMK Islam Baburrhmah. Kedua untuk mendeskripsikan dan menganalisis implikasi dari implementasi nilai-nilai Islam moderat melalui pendidikan berbaasis multikultural di SMK Islam Baburrohmah.
Adapun jenis penelitian ini yaitu penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan studi kasus. Tekhnik pengumpulan data penelitian ini yaitu melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan tekhnik analisis data yaitu dengan engumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Implementasi nilai-nilai Islam moderat melalui pendidikan berbasis multikultural di SMK Islam Baburrohmah yaitu: Pertama, menerapkan pandangan hidup anti kekerasan dalam ajakan Islam atau dalam pembelajaran melalui prinsip-prinsip Ahlussunnah Wal Jama’ah An-Nahdiyin dan mempelajarinya secara khusus mengenai pandangan hidup anti kekerasan pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam pada saat kelas X. Kedua, mengadopsi prinsip kehidupan modern serta semua turunannya seperti IPTEK, demokrasi, hak asasi manusia namun juga tetap memfilternya melalui pelatihan-pelatihan yang berbasis teknologi seperti GSE, STEAM (Sains Tekhnik Engenering Arts Matematika) dan pembentukan OSIS dan IPNU secara demokratis. Ketiga, menggunakan pemikiran rasional dalam mendekati dan memahami sumber ajaran Islam melalui penanaman akhlak dengan kitab-kitab klasik dan kitab tulisannya sendiri agar tidak liberal. Dan keempat, penggunaan pendekatan kontekstual dalam memahami sumber ajaran Islam atau dalam pembelajaran yaitu melalui penekanan pembelajarannnya pada 3P yaitu Prodak, Praktek dan Proyek. Adapun nilai-nilai tersebut diimplementasikan pada siswa-siswi yang berbeda-beda suku, jenis kelamin, latar belakang ekonomi dan tingkat kecerdasan baik pada inspirasi atau perencanaan, proses dan aksi atau gerakan. Menggunakan pendekatan berfikir rasional melalui penanaman akhlak dengan kitab-kitab agar pemikirannya tidak liberal dan menggunakan prinsip kehidupan modern seperti teknologi namun tetap memfilternya. Implikasi dari implementasi nilai-nilai Islam moderat melalui pendidikan berbasis multikultural di SMK Islam Baburrohmah yaitu terciptanya suatu karakter moderat pada diri siswa di dalam maupun di luar dan pada saat menempuh maupun pada saat selesai menempuh pendidikannya di lembaga sekolah tersebut. Adapun karakter moderat (tawassuth) merupakan ciri paling menonjol dari Ahlussunnah wa al-Jama’ah, selain bersikap adil (i’tidal), dan seimbang (tawazun) juga bertoleransi (tasamuh), sehingga menolak segala bentuk tindakan dan pemikiran ekstrim (tatharruf) yang dapat melahirkan penyelewengan dan penyimpangan dari ajaran islam.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Islam Moderat, Multikultural dan Implementasi
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: S2 PAI IKHAC
Date Deposited: 13 Sep 2021 07:16
Last Modified: 13 Sep 2021 07:16
URI: http://repository.ikhac.ac.id/id/eprint/921

Actions (login required)

View Item View Item