ARDIYANSYAH, ARDIYANSYAH (2021) PERAN MOTIVASI GURU DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SECARA DARING (STUDI KASUS DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA ISLAM BABURROHMAH MOJOSARI). Masters thesis, Institut Pesantren KH. Abdul Chalim.
Text (SAMPUL)
SAMPUL.pdf - Published Version Download (178kB) |
|
Text (BAB I)
BAB I TESIS.pdf - Published Version Download (358kB) |
|
Text (BAB V)
BAB V TESIS.pdf - Published Version Download (148kB) |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (323kB) |
|
Text (FULL TESIS)
FULLTESIS ARDIYANSYAH 2021.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (6MB) |
Abstract
Keadaan negara di dunia begitu juga Indonesia saat ini masih dalam kondisi mengkhawatirkan yang mengancam kesehatan manusia dan memberikan pengaruh besar terhadap perubahan dinamika sosial, salah satunya pada bidang pendidikan atas masih mewabahnya virus covid 19. Hal yang sangat dirasakan dampaknya tersebut adalah tergantikannya proses belajar mengajar yang sebelumnya dilaksanakan di ruang kelas dialihkan ke ruang virtual yang terbatas (E-Learning). Sehingga dengan perubahan aktivitas belajar tersebut memberikan pengaruh terhadap masalah motivasi belajar peserta didik. Oleh karena itu dalam kondisi seperti ini guru dituntut mampu menunaikan perannnya sebagai elemen penting dalam pendidikan.
Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan dan menganalisa terkait dengan peran guru terhadap motivasi belajar siswa pada pembelajaran daring. Mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran daring, kendala, serta faktor pendukungnya
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif dengan pendekatan studi kasus. Lokasi penelitian di SMP Islam Baburrohmah Mojosari. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Metode analisis menggunakan metode miles dan huberman. Pengecekan keabsahan data dengan menggunakan triangulasi.
Adapun temuan penelitian ini adalah: 1) Pelaksanaan pembelajaran daring di SMP Islam Baburrohmah Mojosari yaitu: a) Dengan memanfaatkan beberapa macam aplikasi, b) Penggunaan RPP satu lembar dan evaluasi lembar kerja tertulis yang dapat diambil dan dikumpulkan langsung ke sekolah, c) Adapun pendukung pembelajaran daring yaitu, sekolah memfasilitasi wifi untuk guru di sekolah, dan program kuota internet gratis dari pemerintah. 2) Peran guru dalam meningkatkan motivasi belajar siswa yaitu: a) Guru menggunakan metode daring yang dikemas dalam bentuk suara rekaman berupa nasehat, video interaktif, dan home visit, serta metode penugasan. b) Faktor pendukung dalam menjaga motivasi belajar anak didik ada dua yaitu faktor internal meliputi, cita-cita, adanya keinginan untuk berprestasi dan kesadaran akan pentingnya pendidikan dan menghargai perjuangan orang tua. Faktor eksternal yaitu adanya hubungan kerjasama antara guru dan orang tua dalam mengontrol keadaan aktivitas belajar anak di rumah. c) Kendala yang dihadapi adalah kurangnya minat dan partisipasi siswa dalam mengikuti kegiatan pembelajaran, akses jaringan internet yang terbatas dan sebagainya.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Peran Guru PAI, Motivasi Belajar, dan Pembelajaran Daring |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Pascasarjana > Magister Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | S2 PAI IKHAC |
Date Deposited: | 13 Sep 2021 04:28 |
Last Modified: | 13 Sep 2021 04:28 |
URI: | http://repository.ikhac.ac.id/id/eprint/916 |
Actions (login required)
View Item |