Manajemen Kurikulum Kaderisasi Pimpinan Pusat Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama dalam Pencegahan Paham Radikalisme pada Pelajar Nahdlatul Ulama

Kms Rendi, Rahmat Hidayat (2021) Manajemen Kurikulum Kaderisasi Pimpinan Pusat Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama dalam Pencegahan Paham Radikalisme pada Pelajar Nahdlatul Ulama. Masters thesis, Institut Pesantren KH. Abdul Chalim.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (600kB)
[img] Text (BAB I (Pendahuluan))
BAB I (Pendahuluan).pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text (BAB V (Penutup))
BAB Akhir (Penutup).pdf - Published Version

Download (308kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (794kB)
[img] Text (Tesis Full Kms Rendi Rahmat Hidayat)
Tesis Kms Rendi Rahmat Hidayat.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Kata kunci:, Manajemen Kurikulum, Kaderisasi, Radikalisme
Radikalisme mulai tumbuh secara masif untuk merekrut kalangan muda, pelajar dan mahasiswa. Melawan radikalisme tidak hanya dengan tindakan, tetapi juga upaya preventif sejak dini agar paham dan gerakan radikalisme tidak muncul terlebih bagi pelajar. Dalam meciptakan kader generasi penerus Nahdlatul Ulama yang paham akan keIslam dan keIndoneisian maka di perlukan PP IPNU ialah manajemen kurikulum kaderisasi yang di tanamkan terhadap pelajar Nahdaltul Ulama bagaimana tujuan, isi materi, bentuk kaderisasi dan evaluasi. Dalam manajemen kurikulum mengandung sub, yaitu : Perenanaan, Pengorganisasian, Implementasi dan Kaderiasi mempunyai tiga komponen, pertama : peran kaderisasi, kedua, fungsi kaderisasi, dan ketiga, bentuk kaderisasi. Manajemen kurikulum kadersaisai merupakan hal yang penting untuk di perkuat organisasi PP IPNU dalam menangkal radikalisme pada pelajar Nahdlatul Ulama.
Adapun fokus penelitian ini yaitu : 1) Bagaimana Perencanaan Kurikulum Kaderisasi Pimpinan Pusat Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama, 2) Bagaimana Manajemen Kurikulum Kaderisasi Pimpinan Pusat Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama dalam Pencegahan Paham Radikalisme pada pelajar Nahdlatul Ulama.
Pada peneltian ini mengunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara dan dilngkapi dokumentsi. Analisis data menggunakan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan varikasi data untuk perarikan kesimpulan.
Hasil penelitian Manajemen Kurikulum Kaderisasi Pimpinan Pusat Ikatan Peajar Nahdlatul Ulama dalam Pencegahan paham Radikalisme adalah: 1) Perenacanaan kurikulum kaderisasi PP IPNU melalui beberapa unsur Akademisi, Ulama, Cendikiwawan dan konseptor yang terdiri dari ahli Psikologi Pendidikan, ahli Pendidikan dan ahli Filsafat dengan menggunakan aspek Filsafat seperti Antologi, Epistimologi dan Aksiologi yang mengadopsi kondisi dan perkembangan realiatas kehidupan hari ini menjadi kaderisasi di IPNU berjenjang mulai dari MAKESTA, LAKMUD, LAKUT dan LAKNAS, terdiri dari 4 Komponen yaitu a) Tujuan, b) Isi Materi, c) Bentuk Kaderisasi, dan d) Evaluasi 2) Manajemen kurikulum kaderisasi dalam pencegahan paham radikalisme pada pelajar Nahdaltul Ulama yang dilakukan PP IPNU, memuat 4 komponen yaitu : a) Planning, b) Organizitions, c) Actualiting, d) Pengendalian (Controling) yang dilakukan IPNU ada 3 Unsur Pemenatapan Ideologi, Peningkatan pengetahuan, Pengembangkan Skill dan Pengalaman.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Manajemen Kurikulum, Kaderisasi, Radikalisme
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BV Practical Theology > BV1460 Religious Education
Divisions: Pascasarjana > Magister Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: S2 MPI IKHAC
Date Deposited: 02 Sep 2021 07:33
Last Modified: 02 Sep 2021 07:33
URI: http://repository.ikhac.ac.id/id/eprint/881

Actions (login required)

View Item View Item