Afriyadi, yadi (2021) STRATEGI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MEMBIMBING SELF CONTROL PADA SISWA YATIM ATAU PIATU (Studi Kasus MTs Nurul Falah Palembang). Masters thesis, Institut Pesantren KH. Abdul Chalim.
Text (COVER & ABSTRAK)
1. COVER & ABSTRAK.pdf - Published Version Download (516kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2. BAB I Pendahuluan.pdf - Submitted Version Download (625kB) |
|
Text (BAB V PENUTUP)
3. BAB V Penutup.pdf - Published Version Download (261kB) |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
4. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (332kB) |
|
Text (FULL TESIS)
5. Tesis Full AFriyadi.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Kata kunci: Strategi, Guru PAI, Self Control
Guru PAI sebagai pembimbing sakaligus membina siswa didiknya guna menacapai tujuan pendidikan Islam yang rahmatan lil alamin, sehingga siswa didik dapat mengontrol dirinya kearah berbudi pekerti yang luhur seerta mulia, baik di lingkungan keluarganya maupun dilingkungan social masyarakat, Mengontrol diri (Self control) adalah salah satu fungsi sentral dalam individu, Efek dari kontrol diri munculnya perilaku dianggap berpengaruh, karena hasil dari proses kontrol seseorang adalah perilaku yang terlihat, dan pada observasi di MTs Nurul Falah Palembang memiliki terobosan dalam membimbing self control pada siswa yatim atau piatu oleh guru pendidikan agama Islam.
Fokus penelitian dalam penulisan ini adalah Bagaimana kegiatan guru pendidikan agama Islam untuk membimbing self control Pada Siswa Yatim Atau Piatu, di MTs Nurul Falah Palembang dan bagaiamana Implikasi strategi guru pendidikan agama Islam untuk membimbing self control pada siswa yatim atau piatu, di MTs Nurul Falah Palembang.
Penelitian ini menggunakan suatu pendekatan studi kasus, dan merupakan jenis penelitian kualitatif. Metode pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan model Mathew Miles dan A Michael Hubermen, yakni reduksi data penyajian data dan menarik kesimpulan (Verufikasi).
Hasil penelitian dari Strategi guru pendidikan agama Islam dalam membimbing self control pada siswa yatim atau piatu yaikni ada empat strategi yang dilakukan oleh guru PAI, 1). Melalui kegiatan keagamaan, 2). Adanya kerjasama antara guru pendidikan agama Islam dengan guru bimbingan konseling, 3). Memahami karakter siswa, 4). Memberikan tanggung jawab dan kegiatan yang positif.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform |
Divisions: | Pascasarjana > Magister Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | S2 PAI IKHAC |
Date Deposited: | 02 Sep 2021 07:27 |
Last Modified: | 02 Sep 2021 07:27 |
URI: | http://repository.ikhac.ac.id/id/eprint/879 |
Actions (login required)
View Item |