NURUN, NAJMI (2021) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TURNAMENT (TGT) TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN FIQIH KELAS VII DI MADRASAH TSANAWIYAH MA’ARIF BEBANDEM BALI. Diploma thesis, INSTITUT PESANTREN KH. ABDUL CHALIM.
Text (cover abstrak)
COVER ABSTRAK.pdf - Published Version Download (562kB) |
|
Text (BAB I PENDAHULUAN)
BAB I PENDAHULUAN.pdf - Published Version Download (407kB) |
|
Text (BAB V PENUTUP)
BAB V PENUTUP.pdf - Published Version Download (384kB) |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (285kB) |
|
Text (NURUN NAJMI SKRIPSI FULL)
Nurun Najmi SKRIPSI FULL.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
Abstract
Tujuan Pembelajaran ini yaitu untuk mengtahui model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Fiqi di Mts Ma’arif Bebandem. Metode yang digunakan adalah Metde Quasi Eksperimen. Dalam penelitian ini yang menjadi subjek penelitian adalah siswa kelas VII A dan VII B MTs Ma’arif Bebandem. Kelas VII A sebagai Kelas Kontrol (Ceramah) dan VII B sebagai kelas Eksperimen (TGT). Intrument yang digunakan adalah Interumen tes prestasi belajar. Soal tes prestasi belajar yang digunakan adalah berjumlah 25 soal yang berbentuk pilihan ganda dan setelah melalui proses uji validitas.
Temuan hasil penelitian ini adalah adanya pengaruh penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Turnament (TGT) terhadap hasil belajar Fiqih siswa. Hal ini di tunjukkan dari hasil pengujian hipotesis dengan menggunakan uji-t diperoleh nilai thitung = 9,956 lebih besar dari ttabel = 2,019 dengan taraf signifikan 0,05 sehingga hipotesis nol (H0) ditolak dan hipotesis alternative (Ha) diterima. Selain itu, dilihat dari hasil perbandingan pre-test dan post-test, nilai rata-rata pre-test yang di dapat oleh kelas kontrol adalah 53,25 dan kelas eksperimen 57,50, sedangkan hasil nilai rata-rata post-test yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Team Games Tournament 87,50 menunjukkan nilai yang lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol yang menggunakan metode Ceramah/ Konvensional 67,50. Dari penelitian yang telah dilakukan ini dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Turnament (TGT) berpengaruh terhadap prestasi belajar Fiqih siswa.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model Pembelajaran Kooperatif Teams Games Turnament (TGT), Prestasi Belajar Fiqih |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | S1 PAI IKHAC |
Date Deposited: | 21 Aug 2021 07:41 |
Last Modified: | 21 Aug 2021 07:41 |
URI: | http://repository.ikhac.ac.id/id/eprint/804 |
Actions (login required)
View Item |