PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TURNAMENT (TGT) TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN FIQIH KELAS VII DI MADRASAH TSANAWIYAH MA’ARIF BEBANDEM BALI

NURUN, NAJMI (2021) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TURNAMENT (TGT) TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN FIQIH KELAS VII DI MADRASAH TSANAWIYAH MA’ARIF BEBANDEM BALI. Diploma thesis, INSTITUT PESANTREN KH. ABDUL CHALIM.

[img] Text (cover abstrak)
COVER ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (562kB)
[img] Text (BAB I PENDAHULUAN)
BAB I PENDAHULUAN.pdf - Published Version

Download (407kB)
[img] Text (BAB V PENUTUP)
BAB V PENUTUP.pdf - Published Version

Download (384kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (285kB)
[img] Text (NURUN NAJMI SKRIPSI FULL)
Nurun Najmi SKRIPSI FULL.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Tujuan Pembelajaran ini yaitu untuk mengtahui model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Fiqi di Mts Ma’arif Bebandem. Metode yang digunakan adalah Metde Quasi Eksperimen. Dalam penelitian ini yang menjadi subjek penelitian adalah siswa kelas VII A dan VII B MTs Ma’arif Bebandem. Kelas VII A sebagai Kelas Kontrol (Ceramah) dan VII B sebagai kelas Eksperimen (TGT). Intrument yang digunakan adalah Interumen tes prestasi belajar. Soal tes prestasi belajar yang digunakan adalah berjumlah 25 soal yang berbentuk pilihan ganda dan setelah melalui proses uji validitas.
Temuan hasil penelitian ini adalah adanya pengaruh penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Turnament (TGT) terhadap hasil belajar Fiqih siswa. Hal ini di tunjukkan dari hasil pengujian hipotesis dengan menggunakan uji-t diperoleh nilai thitung = 9,956 lebih besar dari ttabel = 2,019 dengan taraf signifikan 0,05 sehingga hipotesis nol (H0) ditolak dan hipotesis alternative (Ha) diterima. Selain itu, dilihat dari hasil perbandingan pre-test dan post-test, nilai rata-rata pre-test yang di dapat oleh kelas kontrol adalah 53,25 dan kelas eksperimen 57,50, sedangkan hasil nilai rata-rata post-test yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Team Games Tournament 87,50 menunjukkan nilai yang lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol yang menggunakan metode Ceramah/ Konvensional 67,50. Dari penelitian yang telah dilakukan ini dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Turnament (TGT) berpengaruh terhadap prestasi belajar Fiqih siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Kooperatif Teams Games Turnament (TGT), Prestasi Belajar Fiqih
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: S1 PAI IKHAC
Date Deposited: 21 Aug 2021 07:41
Last Modified: 21 Aug 2021 07:41
URI: http://repository.ikhac.ac.id/id/eprint/804

Actions (login required)

View Item View Item