STRATEGI KOMUNIKASI POLITIK ULAMA NAHDLATUL WATHAN PANCOR DALAM MEMBENTUK OPINI PUBLIK PADA PEMILIHAN UMUM PRESIDEN TAHUN 2019

M. Ali Sofyan Hasanul Koswara, Sofyan (2020) STRATEGI KOMUNIKASI POLITIK ULAMA NAHDLATUL WATHAN PANCOR DALAM MEMBENTUK OPINI PUBLIK PADA PEMILIHAN UMUM PRESIDEN TAHUN 2019. Diploma thesis, Institut Pesantren KH Abdul Chalim.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
cover abstrak.pdf - Published Version

Download (464kB)
[img] Text (Bab 1 Pendahuluan)
BAB I PENDAHULUAN.pdf - Published Version

Download (453kB)
[img] Text (Bab 5 Penutup)
BAB V.pdf - Published Version

Download (399kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (511kB)
[img] Text (Skripsi Full text)
SKRIPSI M. Ali Sofyan_KPI-converted.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

M. Ali Sofyan Hasanul Koswara, 2020. Strategi Komunikasi Politik Ulama Nahdlatul Wathan Pancor Dalam Membentuk Opini Publik Pada Pemilihan Umum Presiden Tahun 2019. SKRIPSI. Pembimbing I : Puji Laksono, M. Si. II : Muhammad Chabibi, Lc. M. Hum. M. IP. Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam, Fakultas Dakwah dan Ushuluddin, Intitut Pesantren KH Abdul Chalim.
ABSTRAK
Pada momentum pemilihan umum Presiden 2019 ini, karisma seorang ulama sangat bermanfaat bagi aktor-aktor politik untuk menjaring suara masyarakat kelas bawah. Realitas semacam ini terjadi di Nusa tenggara Barat terkhususnya di Pulau Lombok yang mayoritas pemeluk agama Islam. Basis ke-Islam-an masyarakat Lombok mayoritas berafiliasi pada golongan tradisionalis, dalam hal ini Nahdlatul Wathan (NW). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana strategi komunikasi politik ulama Nahdlatul Wathan Pancor dalam membentuk opini publik pada pemilihan umum Presiden tahun 2019.
Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori agenda setting. Adapun yang menjadi informan adalah tokoh ulama Nahdlatul Wathan Pancor, anggota Bawaslu Kabupaten Lombok Timur, dan dari kalangan masyarakat atau nahdliyin. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi secara langsung dan wawancara mendalam. Validitas data dilakukan dengan menggunakan triangulasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam membentuk opini publik pada pemilihan umum Presiden tahun 2019, Strategi komunikasi politik yang dilakukan ulama NW Pancor adalah dengan menyelenggarakan berbagai agenda-agenda politik. Agenda politik yang telah diselenggarakan antara lain : Pengajian silaturrahim calon wakil Presiden KH. Ma’ruf Amin, Kuliah umum kebangsaan oleh Surya Paloh, Silaturrahmi Perjuangan Nahdlatul Wathan, Pengajian akbar peringatan isra’ mi’raj Nabi Muhammad SAW, Kampanye dan deklarasi Tuan Guru untuk Jokowi-Ma’ruf.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Komunikasi politik, Pemilihan umum Presiden, Ulama Nahdlatul Wathan
Subjects: J Political Science > JA Political science (General)
Divisions: Fakultas Dakwah dan Ushuluddin > Broadcasting
Depositing User: S1 KPI IKHAC
Date Deposited: 15 Jul 2021 09:37
Last Modified: 15 Jul 2021 09:37
URI: http://repository.ikhac.ac.id/id/eprint/788

Actions (login required)

View Item View Item