Siti, Nur rohmah (2020) MENINGKATKAN KREATIVITAS ANAK USIA DINI MELALUI AKTIVITAS MENGGAMBAR BEBAS PADA KELOMPOK B DI PAUD BUNGA MAWAR PACET MOJOKERTO. Diploma thesis, Institut Pesantren KH. Abdul Chalim.
Text (Cover dan Abstrak)
FILE 1 COVER & ABSTRAK.pdf - Published Version Download (201kB) |
|
Text (Bab I Pendahuluan)
FILE 2 BAB I.pdf - Published Version Download (305kB) |
|
Text (Bab V Penutup)
FILE 3 BAB V.pdf - Published Version Download (132kB) |
|
Text (Daftar Pustaka)
FILE 4 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (210kB) |
|
Text
FILE 5 SKRIPSI FULL.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
Penelitian yang dilaksanakan oleh peneliti bertujuan untuk mengetahui bagaimana cara menerapkan aktivitas menggambar bebas dalam meningkatkan kreativitas menggambar bebas anak dan untuk mengetahui bagaimana proses penerapan aktivitas menggambar bebas dapat meningkat atau tidak di PAUD Bunga Mawar Pacet Mojokerto.
Metode penelitian yang digunakan yaitu penelitian tindakan kelas. Penelitian ini dilaksanakan sebanyak 2 siklus yang terdiri dari 1 kali pertemuan pada setiap siklusnya. Subjek dalam penelitian ini yaitu siswa kelompok B dengan jumlah 21 siswa yang terdiri dari 6 siswa perempuan dan 15 siswa laki-laki. Hasil pengumpulan data yang dilakukan melalui lembar observasi dari penugasan aktivitas menggambar bebas, yaitu untuk mengetahui peningkatan kreativitas menggambar anak.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa kreativitas anak mengalami peningkatan dibandingkan dari kondisi dimana belum adanya sebuah tindakan penelitian. Hal ini dapat dilihat dari : 1) Penerapan aktivitas menggambar bebas anak yaitu dari hasil observasi aktivitas guru pada siklus I dengan nilai 75 (BSH), untuk hasil observasi aktivitas guru pada siklus II mengalami peningkatan 15 poin yaitu dari 75 menjadi 90 (BSB). Sedangkan untuk hasil observasi aktivitas siswa pada siklus I nilai yang diperoleh yaitu 75 (BSH), dan pada siklus II hasil observasi aktivitas anak meningkatan menjadi 80 (BSB). 2) Proses aktivitas menggambar bebas anak dapat dilihat dari penilaian seluruh hasil yang telah dicapai pada setiap siklus nya, hal ini dapat dilihat dari perolehan nilai pada ketuntasan belajar anak disiklus I dengan persentase sebesar 52% (MB), Kemudian pada siklus II perolehan persentase yang dicapai sebesar 81% (BSB). Sedangkan pada nilai rata-rata pada tahap pra siklus memperoleh nilai sebesar 48,6 (MB), sedangkan pada siklus I dengan nilai 60 (BSH), dan pada siklus II memperoleh nilai sebesar 75 (BSH). Dari penjelasan hasil observasi aktivitas guru dan siswa serta hasil ketuntasan belajar dan nilai rata-rata dapat disimpulkan bahwa kreativitas anak usia dini melalui aktivitas menggambar bebas telah mengalami peningkatan.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kreativitas, Aktivitas Menggambar Bebas |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Islam Anak Usia Dini |
Depositing User: | S1 PIAUD IKHAC |
Date Deposited: | 15 Jul 2021 07:47 |
Last Modified: | 15 Jul 2021 07:47 |
URI: | http://repository.ikhac.ac.id/id/eprint/781 |
Actions (login required)
View Item |