Muhammad, Al Hafidz (2020) Efektivitas Permainan Roda Kitabah Sebagai Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Maharah Kitabah Bahasa Arab Pada Siswa Kelas VIII Mts Unggulan Hikmatul Amanah Pacet, Mojokerto. Diploma thesis, Institut Pesantren KH. Abdul Chalim.
Text (Cover dan Abstrak)
Cover & Abstrak.pdf - Published Version Download (1MB) |
|
Text (BAB 1 Pendahuluan)
BAB 1 Pendahuluan.pdf - Published Version Download (13MB) |
|
Text (BAB 5 Penutup)
BAB 5 Kesimpulan.pdf - Published Version Download (13MB) |
|
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version Download (13MB) |
|
Text (Full Skripsi)
Full Skripsi.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (13MB) |
Abstract
Menulis merupakan satu kemampuan keterampilan berbahasa yang ingin dicapai siswa dalam suatu pembelajaran bahasa termasuk bahasa arab. Dalam penguasaan bahasa arab siswa di Mts Unggulan Hikmatul Amanah pacet mojokerto masih bisa dikatakan kurang termasuk pembelajaran keterampilan menulis. Oleh karena itu perlu adanya media sebagai alternatif teknik agar tidak membosankan untuk meningkatkan keterampilan meniulis bahasa arab.
Masalah dalam peneliti ini adalah : 1) Bagaimana penerapan media permainan Roda Kitabah untuk meningkatkan Maharah Kitabah bahasa arab siswa kelas VIII di MTs Unggulan Hikmatul Amanah Pacet Mojokerto ? 2) Bagaimana efektivitas media permainan Roda Kitabah untuk meningkatkan Maharah Kitabah bahasa arab siswa kelas VIII di MTs Unggulan Hikmatul Amanah Pacet Mojokerto ?. tujuan penelitian ini untuk mengetahui penerapan dan efektivitas media permainan roda kitabah untuk meningkatkan Maharah Kitabah bahasa arab siswa kelas VIII MTs unggulan Hikmatul Amanah Pacet Mojokerto.
Desain penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan metotde eksperimen semu (quasi eksperimen) dengan pengambilan data subyek menggunakan teknik pengambilan sampel (sampling purposes). Teknik pengumpulan data menggunakan tes (pre-test dan post-test). Teknik analisis data adalah uji validitas dan uji reliabilitas, nilai rata-rata kelas kontrol dan kelas eksperimen, uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis.
Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa keterampilan menulis siswa pada post-test mengalami peningkatan skor rata-rata jika hasil dibandingkan dengan pre-test yaitu 56,6 (pre-test) meningkat menjadi 69,6 (post-test). Adapun dari hasil uji N-Gain menunjukkan adanya peningkatan kemampuan menulis sebesar 0,3119 dengan hasil kriteria sedng setelah diimplementasikan dengan media permainan Roda Kitabah. Hipotesis yng diterima adalah hipotesis kerja yang menyatakan bahwa dalam pembelajaran dengan menggunakan permainan roda kitabah bisa efektif untuk meningkatkan keterampilan menulis bahasa arab siswa kelas VIII Unggulan Hikmatul Amanah Pacet Mojokerto.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Maharah Kitabah, Media Permainan Roda Kitabah |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Bahasa Arab |
Depositing User: | S1 PBA IKHAC |
Date Deposited: | 08 Jul 2021 08:29 |
Last Modified: | 08 Jul 2021 08:29 |
URI: | http://repository.ikhac.ac.id/id/eprint/775 |
Actions (login required)
View Item |