IMPLEMENTASI USWATUN HASANAH KH. MUHAMMAD HASYIM ASY’ARI DALAM MEMBANGUN ETIKA GURU DAN SISWA, DI MA. THOYYIB HASYIM JORONGAN LECES PROBOLINGGO

Moh, Rofiq (2020) IMPLEMENTASI USWATUN HASANAH KH. MUHAMMAD HASYIM ASY’ARI DALAM MEMBANGUN ETIKA GURU DAN SISWA, DI MA. THOYYIB HASYIM JORONGAN LECES PROBOLINGGO. Masters thesis, Institut Pesantren KH. Abdul Chalim.

[img] Text
1 MOH ROFIQ.pdf - Published Version

Download (824kB)
[img] Text
2 BAB I MOH ROFIQ.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text
3 BAB V MOH ROFIQ.pdf - Published Version

Download (479kB)
[img] Text
4 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (382kB)
[img] Text
5 USWATUN HASANAH.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (11MB)

Abstract

Etika guru dan siswa pada masa sekarang, sudah mulai meninggalkan etika yang diwariskan oleh guru dan siswa pada masa lalu, oleh karena itu diperlukan kajian ulang etika para guru dan siswa pada masa lalu, termasuk etika yang dicontohkan oleh KH. Hasyim Asy’ari melalui kitabnya Adabu al-Alim wa al-Muta’lim, untuk memperkuat lagi etika guru dan siswa, sehingga menjadi kebiasaan dalam kehidupan sehari-hari.
Uniknya, nilai-nilai etika guru dan siswa itu sebagian masih ada di lembaga pendidikan yang berada di lingkungan pesantren, dan lembaga pendidikan modern namun tetap melestarikan etika, seperti Madrasah Aliyah Thoyyib Hasyim, hal ini mengilhami penulis untuk mengangkat judul Implementasi Uswatun Hasanah KH. Muhammad Hasyim Asy’ari dalam Membangun Etika Guru dan Siswa di MA. Thoyyib Hasyim Jorongan Leces Probolinggo,
Kajian dan pembahasan tesis ini menggunakan pendekatan literatur dan kajian empiris atau penelitian lapangan. Dalam menganalisis data, peneliti menggunakan analisis kualitatif, dimana data yang telah dihasilkan baik secara teoritis maupun empiris disajikan dalam bentuk kata-kata atau kalimat secara benar dan jelas, jenis penelitian ini adalah studi kasus, teknink pengumpulan data yang digunakan adalah : 1) wawancara, 2) obsevasi, 4) dokumentasi.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa etika guru yang meliputi, 1) sikap dan mental guru, 2) upaya yang harus dilakukan oleh guru, 3) strategi mengajar guru, 4) kemampuan pribadi guru. Sedangkan etika siswa meliputi; 1) sikap siswa, 2) akhlak siswa kepada guru, 3) akhlak siswa kepada ilmu atau pelajaran. Madrasah Aliyah Thoyyib Hasyim memiliki beberapa indikator bahwa ada implementasi etika guru dan sisiwa yang diwariskan oleh KH. Muhammad Hasyim Asy’ari melalui kitab Adabu al-Alim wa al-Muta’alim.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Implementasi, Uswatun Hasnah KH. Hasyim Asyari, Etika Guru dan siswa, Madrasah Aliyah Thoyyib Hasyim.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Pascasarjana > Magister Pendidikan Agama Islam
Depositing User: S2 PAI IKHAC
Date Deposited: 12 Aug 2020 07:39
Last Modified: 12 Aug 2020 07:39
URI: http://repository.ikhac.ac.id/id/eprint/77

Actions (login required)

View Item View Item