Pengaruh Pengunaan Lagu Bahasa Arab terhadap Mahārah Istima’ Siswa Kelas XI MA Unggulan Amanatul Ummah, Skripsi Prodi Pendidikan Bahasa Arab Fakultas Tarbiyah Institut Pesantren KH. Abdul Chalim

Zahroh, Fatimatuz (2020) Pengaruh Pengunaan Lagu Bahasa Arab terhadap Mahārah Istima’ Siswa Kelas XI MA Unggulan Amanatul Ummah, Skripsi Prodi Pendidikan Bahasa Arab Fakultas Tarbiyah Institut Pesantren KH. Abdul Chalim. Diploma thesis, Institut Pesantren KH. Abdul Chalim.

This is the latest version of this item.

[img] Text (Cover dan Abstrak - PENGARUH PENGUNAAN LAGU BAHASA ARAB TERHADAP MAHĀRAH ISTIMA)
COVER DAN ABSTRAK - PENGARUH PENGUNAAN LAGU BAHASA ARAB TERHADAP MAHĀRAH ISTIMA.pdf - Published Version

Download (905kB)
[img] Text (Daftar Pustaka - PENGARUH PENGUNAAN LAGU BAHASA ARAB TERHADAP MAHĀRAH ISTIMA)
DAFTAR PUSTAKA- PENGARUH PENGUNAAN LAGU BAHASA ARAB TERHADAP MAHĀRAH ISTIMA.pdf - Published Version

Download (508kB)
[img] Text (BAB 1 - PENGARUH PENGUNAAN LAGU BAHASA ARAB TERHADAP MAHĀRAH ISTIMA)
BAB 1 - PENGARUH PENGUNAAN LAGU BAHASA ARAB TERHADAP MAHĀRAH ISTIMA.pdf - Published Version

Download (796kB)
[img] Text (BAB 5 - PENGARUH PENGUNAAN LAGU BAHASA ARAB TERHADAP MAHĀRAH ISTIMA)
BAB 5 - PENGARUH PENGUNAAN LAGU BAHASA ARAB TERHADAP MAHĀRAH ISTIMA.pdf - Published Version

Download (464kB)
[img] Text
SKRIPSI FINAL - PENGARUH PENGUNAAN LAGU BAHASA ARAB TERHADAP MAHĀRAH ISTIMA Lengkap TTD.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Pendidikan akan senantiasa melaju mengikuti perkembangan zaman. Seiring dengan hal tersebut, maka diperlukan cara-cara yang kreatif dan inovatif dalam pembelajaran, khususnya dalam pembelajaran Bahasa. Karena Bahasa adalah alat manusia untuk berkomunikasi dengan lingkungan sekitarnya. Dalam pembelajaran Bahasa arab, khususnya mahārah istima’ masih ditemukan berbagai kendala yang dihadapi siswa. Kesulitan siswa memahami dan mengerjakan tugas-tugas Bahasa arab, serta kurangnya motivasi siswa dalam mempelajari Bahasa arab, khususnya mahārah istima’ adalah hal yang wajar, karena Bahasa arab bukanlah Bahasa sehari-hari mereka. Untuk itu, peneliti melakukan penelitian pada siswa kelas XI MA Amanatul Ummah dengan menggunakan lagu Bahasa arab dalam pembelajaran mahārah istima’ di dalam kelas. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) untuk menegetahui pembelajaran mahārah istima’ di MA Amanatul Ummah sebelum penggunaan lagu Bahasa arab, (2) untuk mengetahui implementasi pengunaan lagu Bahasa arab terhadap pembelajaran mahārah istima’ di MA Amanatul Ummah, dan (3) untuk mengetahui pengaruh lagu Bahasa arab terhadap pembelajaran mahārah istima’ di MA Amanatul Ummah.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif, dengan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, penggunaan tes, dan dokumentasi. Peneliti menggunakan Independent T-Test sebagai teknik analisis data untuk membandingkan apakah ada pengaruh penggunaan lagu Bahasa arab terhadap pembelajaran mahārah istima’. Hasil dari penelitian ini adalah terdapat pengaruh penggunaan lagu Bahasa arab terhadap pembelajaran mahārah istima’ siswa kelas XI MA Amanatul Ummah. Hal ini terbukti dengan perbandingan hasil pretest dan posttest yang menunjukkan nilai posttest kelas eksperimen lebih tinggi daripada nilai posttest kelas kontrol. Dengan adanya lagu Bahasa arab, siswa lebih termotivasi dan lebih mudah untuk belajar mahārah istima’.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Bahasa Arab, Lagu Bahasa Arab, Mahārah Istima’
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: S1 PBA IKHAC
Date Deposited: 01 Jul 2021 10:15
Last Modified: 01 Jul 2021 10:15
URI: http://repository.ikhac.ac.id/id/eprint/765

Available Versions of this Item

Actions (login required)

View Item View Item