ANALISIS KESULITAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN MASALAH SOAL CERITA PADA MATERI BANGUN RUANG SEDERHANA DITINJAU DARI PRESTASI SISWA KELAS V DI MIN 8 HULU SUNGAI UTARA

Yurdan, Yurdan (2020) ANALISIS KESULITAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN MASALAH SOAL CERITA PADA MATERI BANGUN RUANG SEDERHANA DITINJAU DARI PRESTASI SISWA KELAS V DI MIN 8 HULU SUNGAI UTARA. Diploma thesis, Institut Pesantren KH. Abdul Chalim.

[img] Text (cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (50MB)
[img] Text (Bab 1 Pendahuluan)
Bab I Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (17MB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (16MB)
[img] Text (Bab V Penutup dan Kesimpulan)
Penutup dan Kesimpulan.pdf - Published Version

Download (16MB)
[img] Text (Skripsi Full text)
Yurdan_SKRIPSI_full.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (19MB)

Abstract

ABSTRAK
Skripsi ini membahas tentang kesulitan siswa dalam menyelesaikan masalah soal cerita pada materi bangun ruang sederhana ditinjau dari prestasi siswa kelas V di MIN 8 Hulu Sungai Utara. Dimana penelitian ini memiliki tiujuan untuk mengetahui faktor penyebab siswa kesulitan dalam menyelesaikan masalah soal cerita pada materi bangun ruang sederhana, mengetahui kesulitan apa saja yang dialami siswa dalam menyelesakan masalah soal cerita dan solusi agar dapat meminimalisir kesulitan siswa dalam menyelesaikan masalah soal cerita. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kualitatif deskriptif, dan penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan metode observasi, test, wawancara serta dokumentasi.
Berdasarkan hasil dari penelitian ini yaitu : (1) Faktor-faktor penyebab siswa kesulitan dalam menyelesaikan masalah soal cerita pada materi bangun ruang sederhana ditinjau dari prestasi siswa kelas V di MIN 8 Hulu Sungai utara adalah sebagi berikut : (a) Kurangnya akan motivasi belajar siswa terhadap pelajaran matematika, (b) Kesiapan belajar yang’kurang, (c) Kurangnya konsentrasi saat menyelesaikan’soal, (d) Kemampuan mengingat’, (e) Kurang memahami maksud soal, (f) Media pembelajaran serta sarana pra sarana sekolah. (2) ’ Analisis kesulitan siswa dalam menyelesaikan masalah soal cerita pada materi bangun ruang sederhana ditinjau dari prestasi siswa kelas V di MIN 8 Hulu Sungai Utara, yaitu sebagai berikut : (a) Siswa masih lemah dalam’menghitung hasil akhir dan sulit dalam menghitung angka-angka besar. (b) Siswa’mengalami kesulitan dalam memahami pembelajaran. (c) Kurangnya pemahaman siswa dalam bahasa matematika.’(3) Solusi siswa dalam menyelesaikan masalah soal cerita pada materi bangun ruang sederhana kelas V di MIN 8 Hulu Sungai Utara, sebagai berikut: (a) Pengulangan materi perkalian dan pembagian sebelum pembelajaran, (b) Menyajikan’materi yang mudah dipahami serta menyenangkan. (c) Menggunakan strategi dan metode yang tepat sesuai materi. (d) Penggunaan media pembelajaran. (e) Menjalin komunikasi yang baik’kepada orang tua siswa, (f) Memberikan reward’kepada siswa yang berprestasi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Faktor, kesulitan, menyelesaikan masalah, soal cerita, bangun ruang sederhana
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: S1 PGMI IKAHC
Date Deposited: 14 Jan 2021 08:54
Last Modified: 14 Jan 2021 08:54
URI: http://repository.ikhac.ac.id/id/eprint/737

Actions (login required)

View Item View Item