Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa dalam Menyelesaikan Soal Open Ended Bangun Ruang Sisi Datar

Rahmasari, Dewi Nuur (2018) Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa dalam Menyelesaikan Soal Open Ended Bangun Ruang Sisi Datar. Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa dalam Menyelesaikan Soal Open Ended Bangun Ruang Sisi Datar. pp. 1-12.

[img] Text (Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa dalam Menyelesaikan Soal Open Ended Bangun Ruang Sisi Datar)
JURNAL DEWI NR.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (814kB)
Official URL: https://osf.io/scjh4/

Abstract

Kreativitas merupakan salah satu hal yang penting dalam kehidupan. Kreativitas dapat
dilihat dari tiga indikator kemampuan berpikir kreatif yaitu, kefasihan (fluency), fleksibilitas
(flexibility), dan kebaruan (novelty). Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan proses berpikir
kreatif siswa SMP dalam menyelesaikan soal open ended bangun ruang sisi datar. Soal open ended
dipilih karena dapat mendorong siswa berpikir kreatif. Subjek uji coba adalah 26 siswi kelas VIII D
MTsN 1 Malang dengan kemampuan heterogen. Uji coba dilakukan pada siswa kelas VIII MTS
Negeri 1 Malang yang telah menempuh materi bangun ruang sisi datar. Penelitian ini merupakan
penelitian kualitatif deskriptif menggunakan instrumen tes berpikir kreatif dan wawancara untuk
mengumpulkan data. Data berupa hasil tes kemampuan berpikir kreatif yang terdiri dari dua masalah
dan wawancara. Selanjutnya data dianalisis berdasarkan tiga indikator kemampuan berpikir kreatif
yaitu, kefasihan, fleksibilitas, dan kebaruan. Dari hasil analisis diketahui (1) pada indikator kefasihan,
sebanyak 56,67% siswa menjawab soal dengan satu jawaban benar, sehingga kefasihan masih kurang
; (2) sebanyak 10% siswa menjawab soal dengan benar melalui satu cara, sehingga fleksibilitas masih
kurang; (3) pada indikator kebaruan, tidak ada siswa yang menunjukkan kebaruan dalam mengerjakan
soal. Berdasarkan hasil tersebut menunjukkan bahwa kemampuan berpikir kreatif siswa masih rendah
Berdasarkan analisis hasil pengembangan diperoleh hasil bahwa LKS yang dikembangkan dinyatakan
valid, praktis, dan efektif.

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Syariah > Perbankan Syariah
Depositing User: S1 SYARIAH IKHAC
Date Deposited: 18 Nov 2020 12:24
Last Modified: 18 Nov 2020 12:24
URI: http://repository.ikhac.ac.id/id/eprint/702

Actions (login required)

View Item View Item