MODEL PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS PENDIDIKAN MULTIKULTURAL

Rahmasari, Dewi Nuur (2017) MODEL PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS PENDIDIKAN MULTIKULTURAL. MODEL PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS PENDIDIKAN MULTIKULTURAL. pp. 1-17.

[img] Text (MODEL PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS PENDIDIKAN MULTIKULTURAL)
MODEL PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS PENDIDIKAN MULTIKULTURAL.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (237kB)
Official URL: https://osf.io/38kaz/

Abstract

Indonesia sebagai negara yang multikultur menghadapi persoalan internal berupa
melemahnya semangat kebangsaan dan memudarnya nilai-nilai budaya daerah sehingga
memicu konflik SARA, ketidakadilan hingga krisis jati diri. Pluralitas bangsa Indonesia disatu
sisi memang merupakan kekuatan, namun disisi lain menjadi rentan konflik bila tidak ada
kesepahaman, toleransi dan saling pengertian dalam menyikapi perbedaan. Pendidikan
multikultural dipandang sangat strategis dalam upaya membangun kesadaran tersebut. Tahap
awal yang perlu segera dilakukan adalah penyadaran melalui sosialisasi yang dapat dimulai
pada level sekolah, untuk bisa saling mengenal dan memahami keanekaragaman budaya,
sehingga menumbuhkan sikap saling menghargai identitas etnik yang sama maupun berbeda.
Implementasi pendidikan multikultural di level sekolah tidak dilakukan secara terpisah
melainkan terintegrasi dalam mata pelajaran, termasuk matematika. Model pembelajaran
matematika berbasis pendidikan multikultural dikembangkan dari lima dimensi pendidikan
multikultural James Banks yaitu integrasi budaya dalam konten matematika, konstruksi
pengetahuan matematika melalui konteks dan pemahaman budaya, kesetaraan pedagogik,
mengurangi prejudice dan memberdayakan kultur sekolah yang kondusif. Pembelajaran
matematika berbasis pendidikan multikultural bertujuan untuk mengoptimalkan prestasi belajar
matematika sekaligus menumbuhkan kesadaran, kesepahaman, toleransi, saling pengertian dan
semangat kebangsaan individu siswa sebagai bagian dari masyarakat yang multikultur.

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Syariah > Perbankan Syariah
Depositing User: S1 SYARIAH IKHAC
Date Deposited: 18 Nov 2020 12:23
Last Modified: 18 Nov 2020 12:23
URI: http://repository.ikhac.ac.id/id/eprint/701

Actions (login required)

View Item View Item