MINAT SISWA TERHADAP PELAJARAN MATEMATIKA DAN HUBUNGANNYA DENGAN METODE PEMBELAJARAN DAN EFIKASI DIRI

Rohmasari, Dewi Nuur (2017) MINAT SISWA TERHADAP PELAJARAN MATEMATIKA DAN HUBUNGANNYA DENGAN METODE PEMBELAJARAN DAN EFIKASI DIRI. MINAT SISWA TERHADAP PELAJARAN MATEMATIKA DAN HUBUNGANNYA DENGAN METODE PEMBELAJARAN DAN. pp. 1-16.

[img] Text (MINAT SISWA TERHADAP PELAJARAN MATEMATIKA DAN HUBUNGANNYA DENGAN METODE PEMBELAJARAN DAN EFIKASI DIRI)
MINAT SISWA TERHADAP PELAJARAN MATEMATIKA DAN HUBUNGANNYA DENGAN METODE PEMBELAJARAN DAN EFIKASI DIRI.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (461kB)
Official URL: https://osf.io/k4dpt/

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana minat siswa terhadap matematika dan hubungannya
dengan metode pembelajaran dan efikasi diri. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa sekolah
menengah pertama di Mojokerto. Penelitian deskriptif kuantitatif ini mempelajari 691 siswa yang dipilih
menggunakan teknik stratified random sampling. Data dalam penelitian ini berupa data minat siswa terhadap
matematika (Y), data implementasi metode pembelajaran (X1), dan data efikasi diri siswa (X2) yang diperoleh
menggunakan teknik non-tes berupa angket. Data dianalisis menggunakan analisis korelasi dan regresi linier
berganda dengan . Hasil analisis data menunjukkan bahwa: (i) secara umum 22,58% siswa memiliki minat
terhadap matematika dengan kategori tinggi, 76,56% dengan kategori sedang, dan 0,86% dalam kategori
rendah; (ii) terdapat hubungan positif yang sangat kuat antara variabel implementasi metode pembelajaran dan
efikasi diri secara bersama-sama terhadap variabel minat dengan nilai r = 0,844; (iii) terdapat hubungan positif
yang cukup kuat antara implementasi metode pembelajaran dengan minat terhadap matematika bila peran
efikasi diri tidak berubah (tetap) dengan r = 0,505; (iv) terdapat hubungan positif yang cukup kuat antara efikasi
diri dengan minat terhadap matematika bila peran implementasi metode tidak berubah (tetap) dengan r =
0,585; dan (v) persamaan model regresi liniernya adalah

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Syariah > Perbankan Syariah
Depositing User: S1 SYARIAH IKHAC
Date Deposited: 18 Nov 2020 12:23
Last Modified: 18 Nov 2020 12:23
URI: http://repository.ikhac.ac.id/id/eprint/700

Actions (login required)

View Item View Item