MANAJEMEN STRATEGI HUBUNGAN MASYARAKAT DALAM MENINGKATKAN MINAT SISWA BERSEKOLAH DI YAYASAN SURBAN MTs PACET MOJOKERTO

Mika, Julianti and Rudolf, Chrysoekamto and Sigit, Priyo Sembodo (2020) MANAJEMEN STRATEGI HUBUNGAN MASYARAKAT DALAM MENINGKATKAN MINAT SISWA BERSEKOLAH DI YAYASAN SURBAN MTs PACET MOJOKERTO. Masters thesis, Institut Pasantren KH. Abdul Chalim.

[img] Text (cover dan abstrak)
cover dan abstrak.pdf - Published Version

Download (652kB)
[img] Text (bab 1)
bab 1.pdf - Published Version

Download (817kB)
[img] Text (bab v)
BAB V.pdf - Published Version

Download (261kB)
[img] Text (daftar pustaka)
daftar pustaka.pdf - Published Version

Download (400kB)
[img] Text (tesis full text)
TESIS FULL TEXT.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Humas merupakan penghubungan komunikasi antara lembaga sekolah dengan masyarakat. Tujuan utama Humas adalah menarik minat siswa dan masyarakat agar tertarik untuk melanjutkan sekolah di lembaga tersebut. Dalam hal ini manajemen strategi Humas harus terarah dengan baik. Tanpa adanya manajemen strategi yang baik maka Humas di sekolah tidak akan berjalan dengan maksimal. Adapun yang menjadi fokus masalah dalam penelitian ini adalah; 1) Bagaimana manajemen strategi Humas dalam meningkatkan minat siswa bersekolah di Yayasan Surban MTs Pacet. 2) Apa yang menjadi fator penghambat manajemen strategi Humas dan solusi dalam meningkatkan minat siswa bersekolah di Yayasan Surban MTs Pacet.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan pendekatan studi kasus yang dilakukan di Yayasan Surban MTs Pacet. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Tahap analisis data menggunakan metode Miles dan Huberman yaitu dengan reduksi data, penyajian data dan varifikasi. Pengecekan keabsahan data melalui meningkatkan ketekunan dan triangulasi.
Hasil penelitian ini menunjukkan; 1) Manajemen Strategi Humas Dalam Meningkatkan Minat Siswa Bersekolah di Yayasan Surban MTs Pacet meliputi; perencanaan dilakukan dengan sistem rapat pada awal penerimaan siswa baru, pengkomunikasian secara terarah yang dilakukan baik dilingkup sekolah dan di luar lingkup sekolah dengan menjalin kerjasama dengan pihak luar, pelaksanaan dilakukan dengan dua tahapan yaitu sosialisasi langsung dengan mendatangkan guru dan perwakilan siswa, serta promosi dengan menggunakan media sosial berupa facebook dan media visual berupa brosur dan kalender, melalui siswa, guru dan alumni sekolah serta pengevaluasian yang dilakukan setelah pelaksanaan dilakukan. 2) Faktor penghambat Manajemen Strategi Humas dan Solusinya Dalam Meningkatkan Minat Siswa Bersekolah di Yayasan Surban MTs Pacet meliputi; waktu yang kurang efektif dalam pelaksanaan manajemen strategi humas, jarak lokasi yang berjauhan dari sekolah sehingga hanya sekolah-sekolah yang terdekat saja yang disosialisasikan secara langsung, dan banyaknya sekolah yang mulai beropersi sehingga saingan semakin ketat.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: Manajemen Strategi, Hubungan Masyarakat dan Minat Siswa
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Pascasarjana > Magister Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: S2 MPI IKHAC
Date Deposited: 12 Aug 2020 05:30
Last Modified: 12 Aug 2020 05:30
URI: http://repository.ikhac.ac.id/id/eprint/70

Actions (login required)

View Item View Item