Lailatul Nur, Churryah (2020) Peran Guru Akidah Akhlak Dalam Mengembangkan Kecerdasan Emosional dan Kecerdasan Spiritual Peserta Didik di MA Unggulan Hikmatul Amanah. Diploma thesis, Institut Pesantren KH. Abdul Chalim Mojokerto.
Text (Cover dan Abstrak)
cover dan abstrak.chur.pdf - Published Version Download (476kB) |
|
Text (BAB I)
BAB I.chur.pdf - Published Version Download (515kB) |
|
Text (BAB V)
BAB V.chur.pdf - Published Version Download (435kB) |
|
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.chur.pdf - Published Version Download (470kB) |
|
Text (Skripsi Full Text)
CHUR SUDAH WATERMARK.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
Kecerdasan emosional merupakan kecerdasan untuk menahan emosi
peserta didik yang tidak akan merugikan orang sekitarnya, kecerdasan spiritual
adalah kecerdasan yang berhubungan dengan jiwa. Kecerdasan ini mempunyai
tingkatan yang berdasar pada bagian diri orang masing-masing yang ada
hubungannya dengan kebajikan di luar kepribadian atau jiwa sadar, dengan
bertujuan untuk membantu membangun diri manusia secara menyuluruh.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimana Pengembangan
Kecerdasan Emosional dan Kecerdasan Spiritual Peserta Didik dan Bagaimana
Peran Guru Akidah Akhlak Dalam Mengembangkan Kecerdasan Emosional
dan Kecerdasan Spiritual Peserta Didik Di MA Unggulan Hikmatul Amanah.
Jenis Penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan
rancangan studi multikasus. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik
wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi. Adapun instrumen
pembantu dalam penelitian ini yaitu pedoman wawancara. Teknis analisis data
meliputi Reduksi data, Penyajian data, Penarikan kesimpulan. Informan
penelitian adalah Kepala Sekolah, Waka Kurikulum, Guru Akidah Akhlak.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Pengembangan pengembangan
kecerdasan emosional dan kecerdasan spiritual peserta didik di MAU Hikmatul
Amanah adalah untuk mengembangkan segi sistem pembelajaran
menggunakan K-13, untuk yang dikembangkan dari segi pengajarnya atau
tenaga pendidiknya melalui seminar atau pelatihan dan sebagainya, guru
akidah akhlak selalu kordinasi mengenai pengembangan kecerdasan emosional
kepada pada guru BK. 2) Peran Guru Aqidah Akhlak dalam Mengembangkan
Kecerdasan Emosional dan Kecerdasan Peserta Didik di MAU Hikmatul
Amanah adalah mengembangkan kecerdasan emosional dan spiritual dengan
memberikan contoh bahasa dan sikap yang santun.. Jika peserta didik
melakukan kesalahan maka tindakan yang baik yang dilakukan dengan cara
menegurnya dengan kata kata yang baik dan penuh kasih sayang,
Pengembangan kecerdasan emosional dan kecerdasan spiritual biasanya selalu
kordinasi dengan beberapa pihak. Dengan selalu membangun komunikasi yang
baik antara kesiswaan, osis, pihak-pihak yang terkait untuk mencapai suatu
tujuan yang sama, Penekanan dalam spiritual.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Peran Guru Aqidah Akhlak, Kecerdasan Emosional, Kecerdasan Spiritual |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Depositing User: | S1 PAI IKHAC |
Date Deposited: | 16 Nov 2020 10:21 |
Last Modified: | 16 Nov 2020 10:21 |
URI: | http://repository.ikhac.ac.id/id/eprint/669 |
Actions (login required)
View Item |