Andriyani, Santi INTERNALISASI NILAI –NILAI ASWAJA; UPAYA MENANGKAL PRAKTEK RADIKALISME MELALUI PENGAJARAN READING DI PERGURUAN TINGGI. In: INTERNALISASI NILAI –NILAI ASWAJA; UPAYA MENANGKAL PRAKTEK RADIKALISME MELALUI PENGAJARAN READING DI PERGURUAN TINGGI.
Text (Buku 2 Proceeding AICIS 16)
BUKU-2_Proceeding-AICIS16_lampung- (2016).pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
Praktek radikalisme dan ekstrimisme terhadap agama di Indonesia sudah
menjalar ke seluruh lapisan masyarakat termasuk mahasiswa. Oleh karena
itu perlu adanya filterisasi untuk mengatasi masalah tersebut. Salah satunya
dengan menginternalisasikan nilai-nilai Ahlus Sunnah Wa Al Jama‘ah di
Perguruan Tinggi. Tulisan ini bertujuan untuk mendiskripsikan nilai-nilai
ASWAJA yang terdapat pada teks islami berbahasa Inggris dalam
pengajaran mata kuliah Reading. Pendekatan yang digunakan dalam
tulisan ini adalah analisa 2 teks dari buku yang berjudul Islamic Studies
karya Molvi Abdul Aziz dengan menggunakan pisau analisa dari teori Dell
Hyme. Jika dikaitkan dengan kondisi di Indonesia, maka isi 2 teks tersebut
memberikan kontribusi yang signifikan terhadap internalisasi nilai-nilai
ASWAJA yaitu Tawazun, Tasamuh, Tawasuth dan I‘tidal. Berdasarkan
hasil kajian yang didapat, pengajaran Reading dengan tema Islami yang
berlandaskan nilai-nilai ASWAJA memberikan dampak yang baik
terhadap para mahasiswa yang pada gilirannya dapat berkontribusi terhadap
pencegahan perilaku radikalisme dan ekstrimisme terhadap agama dan
bangsa Indonesia.
Item Type: | Conference or Workshop Item (Paper) |
---|---|
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion |
Divisions: | Fakultas Dakwah dan Ushuluddin > Pendakwah |
Depositing User: | S1 Dakwah dan Ushuluddin IKHAC |
Date Deposited: | 31 Oct 2020 04:01 |
Last Modified: | 31 Oct 2020 04:01 |
URI: | http://repository.ikhac.ac.id/id/eprint/580 |
Actions (login required)
View Item |