URGENSI PEMBELAJARAN PAI DALAM MENUMBUHKAN KEDISIPLINAN SISWA DI SEKOLAH SMA PLUS AT-TADZKIR DALAM NAUNGAN PONDOK PESANTREN AT-TADZKIR MAJALENGKA

yeyen, lenggawati (2025) URGENSI PEMBELAJARAN PAI DALAM MENUMBUHKAN KEDISIPLINAN SISWA DI SEKOLAH SMA PLUS AT-TADZKIR DALAM NAUNGAN PONDOK PESANTREN AT-TADZKIR MAJALENGKA. Masters thesis, Universitas KH. Abdul Chalim.

[img] Text (cover)
1. COVER ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (456kB)
[img] Text (bab 1)
2. BAB I.pdf - Published Version

Download (504kB)
[img] Text (penutup)
3. BAB VI.pdf - Published Version

Download (250kB)
[img] Text (dapus)
4. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (231kB)
[img] Text (full text)
FULL TEXT bu yeyen.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Pembentukan Kedisiplinan pada peserta didik sangat penting untuk menciptakan generasi yang berintegritas dan bertanggung jawab. Sekolah, terutama melalui pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI), berperan besar dalam menanamkan nilai kedisiplinan. Peran guru dan orang tua sebagai teladan juga sangat dibutuhkan agar peserta didik terbiasa bersikap disiplin dalam kehidupan sehari-hari.
Penelitian ini bertujuan yaitu: 1) Untuk menganalisis urgensi pembelajaran PAI dalam membentuk kedisiplinan siswa di SMA Plus At-Tadzkir Majalengka. 2) Untuk menganalisis faktor pendukung dan penghambat dalam meningkatkan kedisiplina peserta didik melalui kegiatan pembelajaran PAI di skolah SMA Plus At-Tadzkir Majalengka.
Sedangkan penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Data diperoleh melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi terhadap guru PAI, dan peserta didik.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembentuka karakter jujur melalui kegiatan pembelajaran pendidikan agama islam dan budi pekerti yaitu terdapat lima aspek yaitu melalui peran pembelajaran PAI dalam meningkatkan kedisiplinan, metode pembelajaran yang mendukung, refleksi dan evaluasi dalam pembelajaran PAI, perspektif peserta didik tentang kedisiplinan sswa dalam PAI. Selain itu pembentukan kedisiplinan siswa melalui kegiatan ekstrakurikuler adalah melalui kegiatan pramuka terdapat sikap tanggung jawab dan kerja sama yang menjadikan siswa memiliki kedisiplinan serta dalam kegiatan keagamaan dan sosial yaitu melalui kegiatan pengajian, diskusi moral dan bakti sosial. Adapun bentuk faktor pendukung melalui kegiatan pembelajaran kurikulum berbasis nilai-nilai kedisiplinan, metode pembelajaran yang interaktif dan kontekstual, keteladanan guru PAI, dukungan dari keluarga serta lingkungan sosial yang positif. Faktor pendukung melalui kegiatan ekstrakurikuler yaitu kurikulum dan program sekolah yang mendukung, peran pembina ekstrakurikuler, lingkungan sekolah yang kondusif serta dukungan orang tua dan keluarga. Adapun bentuk faktor penghambat pembentukan kedisiplinan melalui kegiatan pembelajaran yaitu kurangnya penegakan nilai kedisiplinan, kurangnya pengawasan dalam penerapan kedisiplinan, pengaruh lingkungan serta tekanan dari teman sebaya.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Disiplin belajar; kedisiplinan sikap; tata tertib pondok pesantren
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Pascasarjana > Magister Pendidikan Agama Islam
Depositing User: S2 PAI IKHAC
Date Deposited: 29 Nov 2025 10:07
Last Modified: 29 Nov 2025 10:07
URI: http://repository.uac.ac.id/id/eprint/5296

Actions (login required)

View Item View Item