Manajemen Strategi Kepala Madrasah Dalam Peningkatan Mutu Program Tahfidz Al-Quran Di Mi Unggulan Nurul Islam Wanayasa Purwakarta

Enang, Sutiana (2023) Manajemen Strategi Kepala Madrasah Dalam Peningkatan Mutu Program Tahfidz Al-Quran Di Mi Unggulan Nurul Islam Wanayasa Purwakarta. Masters thesis, Universitas Abdul Chalim.

[img] Text (Cover dan Abastrak)
COVER DAN ABSTRACK.pdf - Published Version

Download (395kB)
[img] Text (Bab I Pendahuluan)
BAB I PENDAHULUAN.pdf - Published Version

Download (222kB)
[img] Text (BAB V Akhir dan Kesimpulan)
BAB V AKHIR DAN KESIMPULAN.pdf - Published Version

Download (120kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (204kB)
[img] Text (Tesis Full Text)
TESIS ENANG SUTIANA.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui dan memperoleh gambaran serta mendeskripsikan tentang Manajemen Strategi Kepala Madrasah Dalam Peningkatan Mutu serta hambatan dan pendukung dalam program Tahfidz Al-Quran di MI Unggulan Nurul Islam Wanayasa
Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif sedangkan tempat penelitian di MI Unggulan Nurul Islam Wanayasa. Pelaksanaan penelitian dimulai bulan Juli sampai bulan Agustus 2023. Subjek dan Informan penelitian adalah Kepala Sekolah, Wali Kelas, Guru Tahfidz. Metode pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif yaitu mengolah data dan melaporkan apa yang telah diperoleh selama penelitian berlangsung serta memberikan interprestasi terhadap data kedalam suatu kebutuhan yang utuh dengan mempergunakan kata-kata sehingga dapat mengunakan objek penelitian pada saat penelitian dilakukan.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa upaya kepala madrasah dalam menejemen strategi peningkatan mutu program Tahfidz Al-Quran meliputi : 1) Perencanaan, 2) Pengorganisasian, 3) Pelaksanaan, 4) Pengendalian (Kontroling), 5) Evaluasi. Hambatan yang dihadapi adalah: 1) Kemampuan dan mood anak yang tidak stabil, 2) Kemampuan tahsinul qur’an yang kurang, 3) Beragamnya kemampuan siswa dalam menghafal, 4) Kurangnya pemahaman guru dalam penerapan metode tahfidz 5) Kurangnya pemahaman orangtua terkait pentingnya muroja’ah. Faktor pendukung : 1) Program tahfidz merupakan program unggulan Yayasan, 2) Guru Tahfidz Al-Quran telah terseleksi dibidang Al-Quran baik tahsin maupun tahfidz, 3) Koordinator tahfidz telah hafidz Qur’an 30 Juz, 4) Antusias wali siswa yang menginginkan Anaknya hafal Al-Quran, 5) Program tahfidz yang menjadi ikon Madrasah.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: manajemen strategi program Tahfidz Al-Quran
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Pascasarjana > Magister Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: S2 MPI IKHAC
Date Deposited: 11 Nov 2025 08:40
Last Modified: 11 Nov 2025 08:40
URI: http://repository.uac.ac.id/id/eprint/5180

Actions (login required)

View Item View Item