PENGEMBANGAN KURIKULUM CAMBRIDGE DI SMA AQOBAH INTERNASIOANAL SCHOOL JOMBANG

Helmi, Moh Helmi (2024) PENGEMBANGAN KURIKULUM CAMBRIDGE DI SMA AQOBAH INTERNASIOANAL SCHOOL JOMBANG. Diploma thesis, Universitas KH Abdul Chalim.

[img] Text
COVER ABSTRAK NEW.pdf - Published Version

Download (443kB)
[img] Text
BAB I.pdf - Published Version

Download (452kB)
[img] Text
BAB V.pdf - Published Version

Download (189kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (234kB)
[img] Text
SKIRIPSI FULL WATERMACK - Copy_removed.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)

Abstract

Era society 5.0 adalah era revolusi industri ke- 4 yang ditandai dengan
munculnya teknologi-teknologi canggih seperti kecerdasan buatan (artificial
Intelligence), big data, dan internet of things. Pendidikan harus menyesuaikan
dengan iklim global. agar dapat survive menghadapi perubahan tersebut
Pengembangan kurikulum merupakan suatu keniscayaan yang harus dipersiapkan
oleh lembaga pendidikan untuk menjawab dan antisipasi perubahan pada masa
depan. SMA Aqobah Internasional School sebagai upaya menghadapi perubahan
tesebut mengimplementasikan pengembangan kurikulum Cambridge dalam
kegiatan proses belajar mengajar.
Tujuan penelitian ini adalah (1) Bagaimana pelaksanaan pengembangan
kurikulum Cambridge di SMA Aqobah Internasional School (2) Bagaimana konsep
pengembangan kurikulum Cambridge di SMA Aqobah Internasional School (3)
Bagaimana implikasi pengembangan kurikulum Cambridge di SMA Aqobah
Internasional School
Untuk mencapai tujuan penelitian diatas peneliti menggunakan jenis
kualitatif pendekatan Case Study pengumpulan data yang dilakukan melalui
observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknis analisis data, reduksi data,
penyajian data dan verifikasi data.
Hasil Penelitian ini adalah (1) Pelaksanaan pengembangan kurikulum
Cambridge di SMA Aqobah Internasional School dengan membentuk Tim
formatur kurikulum, kurikulum review, AIS Scientific Talk, pelaksanaan proses
belajar mengajar dan pelaksanaan program unggulan/ekstrakulikuler. (2) Konsep
pengembangan kurikulum Cambridge di SMA Aqobah Internasional School adalah
mengacu terhadap komponen pengembangan kurikulum yang meliputi tujuan,
materi/isi, metode dan evaluasi. (3) Implikasi pengembangan kurikulum
Cambridge di SMA Aqobah Internasional School adalah kemampuan berbahasa
Internasional mengikatnya prestasi peserta didik, wawasan global, Critical
Thinking

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Kurikulum, Pengembangan Kurikulum, Kurikulum Cambridge
Subjects: T Technology > TP Chemical technology
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: S1 MPI UAC
Date Deposited: 08 Nov 2025 08:31
Last Modified: 08 Nov 2025 08:31
URI: http://repository.uac.ac.id/id/eprint/5179

Actions (login required)

View Item View Item