Patoni, Rian Rahmat and Nur Kholis, M Maulana (2025) STRATEGI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) DALAM MEMBENTUK KECERDASAN EMOSIONAL SISWA MELALUI PROGRAM GUIDANCE DI SMPN 1 PACET MOJOKERTO. Masters thesis, Universitas Kh. Abdul Chalim Mojokerto.
|
Text
Cover + Abstrak.pdf - Published Version Download (373kB) |
|
|
Text
Bab 1.pdf - Published Version Download (382kB) |
|
|
Text
Bab 6.pdf - Published Version Download (164kB) |
|
|
Text
Daftar Pustaka.pdf - Published Version Download (243kB) |
|
|
Text
tesis Full.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
Pembentukan karakter siswa merupakan salah satu tujuan utama pendidikan nasional. Dalam konteks ini, kecerdasan emosional memainkan peran penting karena berkaitan dengan kemampuan individu dalam mengenali, memahami, dan mengelola emosi diri serta orang lain. Program bimbingan keagamaan dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) diharapkan dapat menjadi sarana efektif dalam mengembangkan kecerdasan emosional dan karakter siswa.
Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Menganalisis strategi guru PAI dalam membentuk kecerdasan emosional siswa melalui program guidance di SMPN 1 Pacet Mojokerto. 2) Menganalisis faktor pendukung dan penghambat keberhasilan strategi guru PAI dalam membentuk kecerdasan emosional siswa melalui program guidance di SMPN 1 Pacet Mojokerto.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Data diperoleh melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi terhadap Kepala sekolah, guru PAI, guru BK, dan siswa.
Hasil penelitian menunjukan bahwa strategi guru pendidikan agama islam (PAI) dalam membentuk kecerdasan emosional siswa melalui program guidance di SMPN 1 Pacet Mojokerto yaitu terdapat 4 aspek: 1) Pendekatan keteladanan dan pembiasaan akhlak mulia. 2) diskusi dan refleksi nilai-nilai islam. 3) Metode pembelajaran interaktif. 4) Program bimbingan keagamaan dan spiritual. Adapun faktor pendukukung keberhasilan program guidance yaitu terdapat 3 aspek: 1) Dukungan kepala sekolah. 2) Antusiasme siswa. 3) Kepedulian antar teman. Adapun faktor penghambat keberhasilan program guidance yaitu terdapat 3 aspek: 1) Keterbatasan wakru pembelajaran. 2) Kurangnya kesadaran sebagai siswa. 3) Kurangnya keterlibatan orang tua.
| Item Type: | Thesis (Masters) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | Strategi, Guru pendidikan agama islam (PAI), Kecerdasan Emosional, Guidance |
| Subjects: | L Education > L Education (General) |
| Divisions: | Pascasarjana > Magister Pendidikan Agama Islam |
| Depositing User: | S2 PAI IKHAC |
| Date Deposited: | 31 Oct 2025 09:20 |
| Last Modified: | 31 Oct 2025 09:20 |
| URI: | http://repository.uac.ac.id/id/eprint/5113 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |

