Ahmad, Rafei (2024) IMPLEMENTASI KEBIJAKAN PEMBIAYAAN PENDIDIKAN DINIYAH TAKMILIYAH KABUPATEN BOGOR PERATURAN DAERAH NOMOR 2 TAHUN 2019. Masters thesis, Universitas KH Abdul Chalim.
|
Text (COVER & ABSTRAK)
COVER & ABSTRAK .pdf - Published Version Download (2MB) |
|
|
Text (BAB I PENDAHULUAN)
BAB I PENDAHULUAN .pdf - Published Version Download (2MB) |
|
|
Text (BAB VI PENUTUP)
BAB VI PENUTUP .pdf - Published Version Download (2MB) |
|
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA .pdf - Published Version Download (2MB) |
|
|
Text (FULL TESIS)
FULL TESIS .pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Pembiayaan pendidikan pada kenyataannya masih belum didukung
sepenuhnya oleh semua unsur yang terlibat dalam pendidikan. Khususnya pada
pendidikan non formal keagamaan yaitu diniyah takmiliyah. Keterbatasan anggaran
pembiayaan yang dimiliki oleh lembga belum sepenuhnya dimiliki oleh pengelola
lembaga. Peran pemerintah dalam merumuskan kebijakan sangat membantu
pengelola lembaga dalam memenuhi biaya langsung (direct cost) maupun biaya
tidak langsung (indirect cost) memenuhi fasilitas pembelajaran maupun
pelaksanaan kegiatan. Peran masyarakatpun penting dijabarkan dalam kebijakan,
sehingga pelaksanaan kebijakan yang dirumuskan pemerintah dapat memeberikan
efek bagi setiap unsur berperan memajukan pendidikan diniyah takmiliyah.Tujuan
penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi dan menganalisis isi kebijakan,
lingkungan kebijakan, beserta tatangan dan hambatan yang dihadapi dalam
implementasi kebijakan pembiayaan pendidikan diniyah takmiliyah di Kabupaten
Bogor pada Peraturan Daerah nomor 2 tahun 2019 tentang pendidikan diniyah
takmiliyah.Penelitian ini berdasarkan konteks penelitian teori implementasi
kebijakan pendidikan. Teori Merilee S. Grindle menjelaskan bahwa implementasi
kebijakan akan sangat ditentukan dari kebijakan itu tersendiri dalam menentukan
isi kebijakan, dan lingkungan kebijakan atau unsur yang terlibat dalam kebijakan
tersebut. Tantangan dan hambatan menggunakan teori Edwar III menjelaskan, dari
segi komunikasi, sumber daya, disposisi dan struktur organisasi.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode
deskriptifanalitis untuk menganalisis kebutuhan informasi mengenai implementasi
keijakan pembiayaan pendidikan diniyah takmiliyah. Teknik pengumpulan data
menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi.
Ruang lingkup implementasi berarti lembaga-lembaga dan unsur-unsur
yang terlibat dalam implementasi program dijalankan secara optimal, pemerintah
daerah, lembaga vertikal, mitra organisasi, dan masyarakat terkoordinasi dengan
baik, dan konteks budaya lokal juga berkontribusi terhadap implementasi
kebijakan. Dan juga menciptakan kebijakan yang inklusif dan adil sehingga
masyarakat memiliki akses yang transparan terhadap program. Tantangan dan
hambatan implementasi kebijakan. Hal ini terlihat dari kurangnya komunikasi
dengan pelaksana, sumber daya yang kurang optimal, atau adanya standar
operasional prosedur yang menghambat pelaksanaan program.
| Item Type: | Thesis (Masters) |
|---|---|
| Additional Information: | Ahmad Rafei |
| Uncontrolled Keywords: | Pembiayaan Pendidikan, Diniyah Takmiliyah, Perda No 2 |
| Subjects: | L Education > L Education (General) |
| Divisions: | Pascasarjana > Magister Manajemen Pendidikan Islam |
| Depositing User: | S2 MPI IKHAC |
| Date Deposited: | 30 Oct 2025 10:22 |
| Last Modified: | 30 Oct 2025 10:22 |
| URI: | http://repository.uac.ac.id/id/eprint/5110 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |

