KETELADANAN KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KARAKTER ISLAMI PENDIDIK DAN TENAGA KEPENDIDIKAN DI SDN 2 MIMBAAN SITUBONDO TAHUN PELAJARAN 2019/2020

Zaqiatul, Fuad (2020) KETELADANAN KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KARAKTER ISLAMI PENDIDIK DAN TENAGA KEPENDIDIKAN DI SDN 2 MIMBAAN SITUBONDO TAHUN PELAJARAN 2019/2020. Masters thesis, Institut Pesantren KH Abdul Chalim.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
Zaqia_Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (5MB)
[img] Text (Bab Awal (Pendahuluan))
Zaqia_Bab Awal (Pendahuluan).pdf - Published Version

Download (11MB)
[img] Text (Bab Akhir (Penutup))
Zaqia_Bab Akhir (Penutup).pdf - Published Version

Download (3MB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Zaqia_Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (3MB)
[img] Text (Tugas Akhir Full)
Zaqia_Tesis Utuh.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penerapan keteladanan kepala sekolah sangat penting dalam meningkatkan karakter islami pendidik dan tenaga kependidikan. Dengan demikian, pembentukan karakter Islami merupakan upaya yang terencana dan sistematis untuk menjadikan seseorang mengenal, peduli dan menginternalisasikan nilai-nilai Islam sehingga seseorang tersebut berprilaku sebagai insan kamil. Pendidikan karakter memiliki makna yang lebih tinggi dari pada pendidikan moral, karena bukan sekedar mengajarkan mana yang benar dan mana yang salah. Lebih dari itu, pendidikan karakter menanamkan kebiasaan tentang yang baik, sehingga anak menjadi paham, mampu merasakan dan mau melakukan yang baik. Berdasarkan latar belakang di atas dapat diambil fokus penelitian sebagai berikut: 1) Bagaimanakah bentuk keteladanan kepala sekolah dalam meningkatkan karakter islami pendidik dan tenaga kependidikan di SDN 2 Mimbaan tahun pelajaran 2019/ 2020?, 2) Bagaimanakah implementasi teladan kepala sekolah dalam meningkatkan karakter islami pendidik dan tenaga kependidikan di SDN 2 Mimbaan tahun pelajaran 2019/ 2020? Dan 3) Apakah faktor pendukung dan penghambat penerapan keteladanan kepala sekolah dalam meningkatkan karakter islami pendidik dan tenaga kependidikan di SDN 2 Mimbaan tahun pelajaran 2019/ 2020?. Penelitian ini dilaksanakan dengan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data berupa observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisa data merupakan suatu langkah yang sangat menentukan dalam sebuah penelitian. Berdasarkan hasil pembahasan pada bab IV dapat dibahas sebagai berikut: 1) Bentuk keteladanan kepala sekolah dalam meningkatkan karakter islami pendidik dan tenaga kependidikan di SDN 2 Mimbaan tahun pelajaran 2019/ 2020 yaitu keteladanan kepala sekolah yang islami menjadi pandangan bagi guru bahkan siswa dalam pembelajaran. 2) Implementasi teladan kepala sekolah dalam meningkatkan karakter islami pendidik dan tenaga kependidikan di SDN 2 Mimbaan tahun pelajaran 2019/ 2020 yaitu sekolah membuat program penanaman nilai karakter sejak awal. 3) Faktor pendukung dan penghambat penerapan keteladanan kepala sekolah dalam meningkatkan karakter islami pendidik dan tenaga kependidikan di SDN 2 Mimbaan tahun pelajaran 2019/ 2020 yaitu faktor pendukung dengan adanya dukungan dari koordinator pengawas tingkat SD di kecamatan Panji untuk lebih meningkatkan pembentukan karakter islami pendidik dan tenaga kependidikan disekolah sedangkan faktor penghambat yaitu membutuhkan proses lama untuk menumbuhkan karakter islami pendidik dan tenaga kependidikan di SDN 2 Mimbaan Situbondo.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Keteladanan Kepala Sekolah, Karakter Islami, Pendidik dan Tenaga Kependidikan
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Pascasarjana > Magister Pendidikan Agama Islam
Depositing User: S2 PAI IKHAC
Date Deposited: 22 Sep 2020 08:25
Last Modified: 22 Sep 2020 08:25
URI: http://repository.ikhac.ac.id/id/eprint/511

Actions (login required)

View Item View Item