Peran Kiai Dalam Pengembangan Kurikulum Pesantren (Studi Kasus Pondok Pesantren Darut Tauhid Karangbong Pajarakan Probolinggo )

Zaenih, Zaenih (2020) Peran Kiai Dalam Pengembangan Kurikulum Pesantren (Studi Kasus Pondok Pesantren Darut Tauhid Karangbong Pajarakan Probolinggo ). Masters thesis, Institut Pesantren KH. Abdul Khalim.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
Cover Tesis.pdf

Download (296kB)
[img] Text (BAB I Pendahuluan)
BAB I Pendahuluan.pdf

Download (394kB)
[img] Text (BAB V Penutup)
BAB V Penutup.pdf

Download (102kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (256kB)
[img] Text (Tesis Full Text)
Tesis Zaenih PAI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Abstrak

Kata Kunci : Peran Kiai
Kiai adalah tokoh sentral yang memberikan pengajaran dan tokoh yang paling dominan yang tidak hanya bertugas menyusun kurikulum, membuat tata tertib, merancang sistem evaluasi sekaligus melaksanakan proses belajar mengajar, beliau juga sebagai pembina, pendidik umat serta pemimpin masyarakat. Selain kiai, kurikulum juga tidak dapat terpisahkan dalam sebuah pesantren. Masuknya tuntutan yang lebih luas ke dalam kehidupan pesantren melahirkan adanya kehendak pesantren untuk melakukan pengembangan kurikulum, sehingga terwujudlah kurikulum terpadu.
Berdasarkan latar belakang di atas, maka permasalahan yang timbul adalah : (1) Bagaimanakah peran kiai dalam pengembangan kurikulum pesantren di pondok pesantren Darut Tauhid? (2) Bagaimanakah pelaksanaan kurikulum pondok pesantren Darut Tauhid? (3) Apa yang menjadi kendala dan bagaimana solusi dalam mengatasi kendala penerapan kurikulum pesantren ?
Adapun tujuan dari penelitian ini adalah : (1) Ingin mengetahui peran kiai dalam pengembangan kurikulum pesantren di pondok pesantren Darut Tauhid; (2) Ingin mengetahui pelaksanaan kurikulum pondok pesantren Darut Tauhid. (3) Ingin mengetahui kendala dan solusi dalam mengatasi kendala penerapan kurikulum pesantren
Penelitian dilakukan dengan menggunakan jenis kualitatif dengan
rancangan studi kasus yang bersifat fenomenologis. Data penelitian berasal dari data primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik observasi partisipan, wawancara dan dokumentasi. Selanjutnya data yang terkumpul dianalisis dengan teknik induktif fenomenologis untuk memperoleh kesimpulan akhir.
Kesimpulan dalam peran kiai dalam pengembangan kurikulum pesantren di pondok pesantren Darut Tauhid Genggong Pajarakan Probolinggo dapat dalam empat aspek, yaitu: tujuan pendidikan, materi kurikulum, pelaksanaan kurikulum dan penilaian/evaluasi pelaksanaan kurikulum pondok pesantren Darut Tauhid Genggong Pajarakan Probolinggo. Sedangkan pelaksanaann kurikulum yakni dengan cara sorogan, bandongan, musyawarah, hafalan/tahfidz dan demonstrasi/praktek ibadah. Sedangkan yang menjadi kendala dan solusinya adalah Faktor tenaga pengajar yaitu seorang guru harus memiliki kompetensi yang baik. Faktor santri/siswi yang memiliki tingkat intelektualitas yang berbeda. Faktor wali santri/siswi yang kurang ikut membantu mengawasi perkembangan anaknya. Faktor organisasi yang kurang tepat. Dan Faktor lingkungan juga dapat menjadi kendala apabila masyarakat sekitar tidak turut mendukung.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Peran Kiai, Pengembangan Kurikulum Pesantren
Subjects: A General Works > AM Museums (General). Collectors and collecting (General)
Divisions: Pascasarjana > Magister Pendidikan Agama Islam
Depositing User: S2 PAI IKHAC
Date Deposited: 11 Aug 2020 06:12
Last Modified: 11 Aug 2020 06:12
URI: http://repository.ikhac.ac.id/id/eprint/51

Actions (login required)

View Item View Item