Riki, Daeng Masenge (2020) Kompetensi Sosial Guru Aqidah Akhlak Dalam Membentuk Karakter Religius dan Nasionalis Siswa di MTs Negeri 1 Bolaang Mongondow. Diploma thesis, Institut Pesantren KH. Abdul Chalim.
Text (Cover & Abstrak)
COVER DAN ABSTRAK.pdf - Published Version Download (897kB) |
|
Text (Skripsi Bab 1)
SKRIPSI BAB 1.pdf - Published Version Download (903kB) |
|
Text (Skripsi Penutup)
SKRIPSI PENUTUP.pdf - Published Version Download (253kB) |
|
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA PDF docx.pdf - Published Version Download (454kB) |
|
Text (Skripsi Full Teks)
SKRIPSI FULL TEKS.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
Kompetensi sosial dalam dunia pendidikan merupakan susuatu yang harus dimiliki dan dikuasai seorang guru, terutama guru aqidah akhlak dalam proses pembentukan akhlak dan karakter siswa. Hal ini dikarenakan keberhasilan pembentukan karakter religius dan nasionalis siswa terutama sangat dipengaruhi oleh kompetensi sosial yang dimiliki seorang guru. MTs Negeri 1 Bolaang Mongondow merupakan lembaga pendidikan islam yang dikenal oleh masyaraka orientasi besarnya adalah bagaimana menanamkan nilai-nilai agama dan nasionalis pada siswanya, itu sebabnya kompetensi seorang guru sangat diperlukan guna merealisasikan tujuan tersebut.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan kompetensi sosial guru aqidah akhlak dalam membentuk karakter religius dan nasionalis siswa di MTs Negeri 1 Bolaang Mongondow. Dengan sub fokus mencakup: (1). Bagaimana pemahaman dan implementasi kompetensi sosial yang dimiliki guru aqidah akhlak dalam membentuk karakter religius dan nasionalis siswa di MTs Negeri 1 Bolaang Mongondow. (2). Hal-hal apa yang mendukung proses pembentukan karakter religius dan nasionalis siswa di MTs Negeri 1 Bolaang Mongondow. (3). Faktor-faktor yang menjadi penghambat pembentukan karakter religius dan nasionalis Siswa di MTS Negeri 1 Bolaang Mogondow.
Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologis, obervasi, dan dokumentasi. Adapun metode pengumpulan data yang dilakukan adalah library researh, field research and interviews yang meliputi wawancara, obeservasi, dan dokumentasi. Lalu, teknik pengolahan dan analisis data dilakukan dengan melalui tiga tahapan, yaitu: reduksi data, penyajian data, dan verivikasi data.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan kompetensi sosial guru aqidah akhlak dalam membentuk karakter siswa di MTs Negeri 1 Bolaang Mongondow dilakukan dengan cara memberikan bimbingan, arahan, contoh dan mendidik watak, pikiran, kepribadian, melalui kebiasaan positif disekolah yang mencerminkan karakter religius dan nasionalis siswa, melalui kegiatan-kegiatan rutin seperti pramuka dan shalat dzuhur berjamaah dan sebagainya, dan menerapkan aturan yang ketat demi pembentukan karakter religius dan nasionalis siswa, dan melalui pembiasaan perilaku religius dan nasionalis di madrasah. Adapun faktor penghambatnya adalah: kurangnya perhatian orang tua, pengaruh lingkungan yang kurang baik, terutama kenakalan-kenakalan remaja, faktor media sosial, faktor aturan pendidikan yang dituangkan dalam undang-undang yang kurang relefan dan kurangnya kesadaran siswa terhadap pentingnya karakter religius dan nasionalis.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kompetensi, Sosial, Guru Aqidah Akhlak, Membentuk, Karakter, Religius, Nasionalis, Siswa |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | S1 PAI IKHAC |
Date Deposited: | 17 Sep 2020 09:14 |
Last Modified: | 17 Sep 2020 09:14 |
URI: | http://repository.ikhac.ac.id/id/eprint/505 |
Actions (login required)
View Item |