Reni, Madona (2023) PERAN KEPALA SEKOLAH SEBAGAI MOTIVATOR DALAM MENINGKATKAN KINERJA GURU DI SMAU BP AMANATUL UMMAH PACET MOJOKERTO. Diploma thesis, Institut Pesantren KH. Abdul Chalim.
|
Text (COVER & ABSTRAK)
COVER & ABSTRAK .pdf - Published Version Download (9MB) |
|
|
Text (BAB I PENDAHULUAN)
BAB I PENDAHULUAN .pdf - Published Version Download (9MB) |
|
|
Text (BAB V PENUTUP)
BAB V PENUTUP .pdf - Published Version Download (9MB) |
|
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA .pdf - Published Version Download (9MB) |
|
|
Text (FULL SKRIPSI)
FULL SKRIPSI .pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (9MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini dilkasanakan di sekolah SMAU BP Amanatul Ummah yang
terletak di kecamatan Pacet, sekolah ini memiliki letak geografis yang baik dan memiliki
akses yang mendukung. Jenis penelitian yang digunakan oleh penelitik yaitu penelitik
kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Subjek yang dilakukan dalam penelitian ini
adalah kepala sekolah, waka kurikulum, dan guru. Peneliti melakukan pengumpulan data
menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi, analisis data yang digunakan
dengan cara triangulasi.
Peneliti memiliki tujuan untuk mengetahui peran dan strategis yang dilakukan
oleh kepala sekolah di SMAU BP Amanatul Ummah Pacet Mojokerto sehingga kinerja
guru meningkat. Manfaat dari penelitian yaitu untuk menjadi referensi bagi pembaca dan
pelaksana pendidik sehingga akan menjadi gambaran dalam melaksanakan proses
Pendidikan dengan baik dan berkualitas.
Hasil dari penelitian yang dilakukan yaitu: peran kepala sekolah sebagai
motivator dalam yaitu dengan memberikan panutan pada bawahannya dan menjadi orang
yang dibutuhkan oleh bawahannya. Kepala sekolah menginginkan bagaimana semua
kegiatan yang ada disekolah berjalan semaksimal mungkin dan dalam segi prestasi harus
bagus.kemudian strategi yang dilakukankepala sekolah untuk meningkatkan kinerja guru
yang pertama adalah pembinaan disiplin, kedisplinan menjadi faktor utama dalam suatu
kesuksesan, kedua pengawasan dan evaluasi, untuk menilai dengan mengklasifikasi antara
fakta dan data berdasarkan indicator kompetensi guru, ketiga pemberi motivasi,
memberikan stimulus dan pengarahan supaya tetap bekerja dengan penuh semangat ,
keempat pemberian penghargaan, sebagai bentuk dukungan dan perhatian terhadap guru
yang memiliki tingkat kerja yang baik, kelima membuat program mingguan bulanan dan
tahunan.
| Item Type: | Thesis (Diploma) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | Motivasi, Strategi, Kinerja |
| Subjects: | L Education > L Education (General) |
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Manajemen Pendidikan Islam |
| Depositing User: | S1 MPI UAC |
| Date Deposited: | 20 Oct 2025 09:30 |
| Last Modified: | 20 Oct 2025 09:30 |
| URI: | http://repository.uac.ac.id/id/eprint/5021 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |

