STRATEGI KEPALA SEKOLAH DALAM IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA DI RA NU 01 AL-AMIN BULAKWARU KABUPATEN TEGAL

Izzatul, Mawaddah (2024) STRATEGI KEPALA SEKOLAH DALAM IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA DI RA NU 01 AL-AMIN BULAKWARU KABUPATEN TEGAL. Masters thesis, Universitas KH Abdul Chalim.

[img] Text (COVER & ABSTRAK)
COVER & ABSTRAK .pdf - Published Version

Download (3MB)
[img] Text (BAB I PENDAHULUAN)
BAB I PENDAHULUAN .pdf - Published Version

Download (3MB)
[img] Text (BAB VI PENUTUP)
BAB VI PENUTUP .pdf - Published Version

Download (3MB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA .pdf - Published Version

Download (3MB)
[img] Text (FULL TESIS)
FULL TESIS .pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Strategi kepala sekolah sangat dibutuhkan untuk dapat
mengimplementasikan kurikulum merdeka khususnya di RA NU 01 Al-Amin
Tegal. Kejituan sebuah strategi akan sangat mempengaruhi capaian pembelajaran
maupun ketuntasan belajar bagi anak tingkatan raudlatul atfal.
Adapun tujuan penelitian ini yaitu, 1) Untuk menjelaskan dan menganalisis
strategi kepala sekolah dalam implementasi kurikulum merdeka di RA NU 01 Al-
Amin Tegal, 2) Untuk menjelaskan dan menganalisis hasil/implikasi dari strategi
kepala sekolah dalam implementasi kurikulum merdeka di RA NU 01 Al-Amin
Tegal.
Sedangkan jenis penelitian yang dimanfaatkan dalam penelitian ini adalah
jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan penelitian berupa pendekatan
penelitian studi kasus di RA NU 01 Al-Amin Tegal.
Hasil dari penelitian ini yaitu: Pertama, Ada beberapa hal yang mendasari
kepala sekolah dalam melakukan strategi dalam kurikulum merdeka. Beberapa
alasan tersebut sebagai berikut: a) Perubahan kurikulum dan tuntutan pemerintah.
Dari kurikulum 2013 menuju merdeka, serta adanya tuntutan pemerintah. b)
Mempertahankan identitas sekolah. c) Upaya mendukung visi sekolah. d)
Menyongsong era global. Adapun Strateginya dengan dibuat dan dilaksanakannya
perencanaan, penerapan dan evaluasi. Kedua, Impliksi dari strategi kepala sekolah
dalam mengimplementasikan kurikulum merdeka itu disimpulkan dengan adanya 6
Dimensi tersebut, diantaranya yaitu: 1) Dimensi Beriman, Bertakwa kepada Tuhan
Yang Maha Esa dan Berakhlak Mulia, 2) Dimensi Kebhinekaan global, 3) Dimensi
Gotong-royong, 4) Dimensi Mandiri, 5) Dimensi Kreatif dan 6) Dimensi bernalar
kritis.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Strategi, Implementasi dan Kurikulum Merdeka. Strategi kepala sekolah sangat dibutuhkan
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Pascasarjana > Magister Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: S2 MPI IKHAC
Date Deposited: 20 Oct 2025 07:48
Last Modified: 20 Oct 2025 07:48
URI: http://repository.uac.ac.id/id/eprint/5017

Actions (login required)

View Item View Item