MANAJEMEN KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN PROFESIONALISME GURU DI SMKS MAHAYAL ULUM AL-AZIZIYAH

Daman, Huri (2024) MANAJEMEN KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN PROFESIONALISME GURU DI SMKS MAHAYAL ULUM AL-AZIZIYAH. Masters thesis, Universitas KH Abdul Chalim.

[img] Text (COVER & ABSTRAK)
COVER & ABSTRAK .pdf - Published Version

Download (12MB)
[img] Text (BAB I PENDAHULUAN)
BAB I PENDAHULUAN .pdf - Published Version

Download (12MB)
[img] Text (BAB VI PENUTUP)
BAB VI PENUTUP .pdf - Published Version

Download (12MB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA .pdf - Published Version

Download (12MB)
[img] Text (FULL TESIS)
FYLL TESIS .pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (12MB) | Request a copy

Abstract

Keberhasilan dalam dunia pendidikan dapat di ukur dari berbagai aspek.
Mulai dari kualitas murid, pendidik, suasana lingkungan sekolah sampai sistem
administrasi sekolah. Akan tetapi, faktor utama yang paling mempengaruhi
dinamika pendidikan di sekolah adalah pemimpin yang bertanggung jawab atas
berjalannya melalui pendidikan, dalam hal ini adalah kepala sekolah. Untuk
menjalankan tugasnya sebagai seorang manajer dalam meningkatkan
profesionalisme guru, maka seorang kepala sekolah harus memiliki kemampuan
dan pemahaman tentang manajemen kepala sekolah dengan baik. Selain itu guru
juga diharapkan tidak hanya mentransfer ilmu saja namun mampu memberikan
kinerja secara maksimal disertai dengan dorongan motivasi yang tinggi.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan mengkaji lebih dalam
tentang bagaimana kepemimpinan kepala sekolah dan langkah-langkah
manajemen kepala sekolah dalam meningkatkan profesionalisme guru. adapun
jenis penelitian ini berupa penelitian kualitatif dengan rancangan studi kasus
dengan mengambil sumber data pada kepala sekolah dan guru melalui teknik
pengumpulan data observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data di analisis
berupa reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa manajemen kepala sekolah di SMKS
Mahyal Ulum terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengawasan, dan
pengorganisasian. kepala sekolah sebagai manajer berperan sebagai educator,
manajer, supervisor, motivator, dan innovator. langkah-langkah manajemen yang
dilakukan kepala sekolah adalah melaksanakan supervisi, memberikan reward,
memotivasi dan mendorong melanjutkan pendidikan. Faktor pendukung
manajemen kepala sekolah dalam meningkatkan profesionalisme guru dapat
disebabkan dari terpenuhinya tenaga pengajar, kedisiplinan, motivasi, dan
lingkungan yang kondusif . adapun faktor penghambatnya adalah sedikitnya guru
honorer yang sertifikasi, manajemen waktu guru dan staf serta kurangnya
pemahaman terhadap teknologi informasi. penelitian ini berimplikasi pada
perlunya perhatian pimpinan pada bawahannya melalui pengembangan
profesionalisme guru.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Manajemen Kepala Sekolah, Profesionalime Guru.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Pascasarjana > Magister Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: S2 MPI IKHAC
Date Deposited: 18 Oct 2025 08:04
Last Modified: 18 Oct 2025 08:04
URI: http://repository.uac.ac.id/id/eprint/5015

Actions (login required)

View Item View Item