Dalfi, Sagaf (2025) STRATEGI PEMBELAJARAN FIQIH DALAM MENINGKATKAN EFIKASI DIRI (SELF EFFICACY) PESERTA DIDIK KELAS VIII-A DI MTS NEGERI 1 MOJEKERTO. Masters thesis, Universitas KH. Abdul Chalim.
![]() |
Text (Cover & Abstrak)
COVER & ABSTRAK 3 BAHASA.pdf - Published Version Download (445kB) |
![]() |
Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version Download (622kB) |
![]() |
Text (BAB VI)
BAB VI.pdf - Published Version Download (210kB) |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (265kB) |
![]() |
Text (FULL TESIS)
FULL TESIS DALFI SAGAF.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya efikasi diri dalam mendukung keberhasilan belajar siswa, khususnya dalam pembelajaran fiqih yang kerap dianggap sulit.
Tujuan utama penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana strategi pembelajaran fiqih di MTs Negeri 1 Mojokerto dapat meningkatkan efikasi diri siswa kelas VII A, serta mengidentifikasi faktor pendukung dan penghambatnya. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara semi-terstruktur, dan dokumentasi yang melibatkan kepala sekolah, guru fiqih, guru BK, dan siswa.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi pembelajaran yang digunakan meliputi pendekatan kontekstual dan aktif, seperti diskusi kelompok, pemberian umpan balik positif, serta tugas yang menantang namun dapat dicapai. Strategi ini mendorong interaksi dan rasa percaya diri siswa dalam memahami fiqih. Faktor pendukungnya meliputi guru yang kompeten, lingkungan belajar yang kondusif, serta dukungan teman sebaya. Sementara itu, hambatan yang ditemukan mencakup perbedaan kemampuan siswa dan keterbatasan fasilitas. Kesimpulannya, strategi pembelajaran yang dirancang dengan tepat dapat secara signifikan meningkatkan efikasi diri siswa dan berdampak positif pada keberhasilan mereka dalam pembelajaran fiqih di madrasah.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Strategi pembelajaran fiqih, self-efficacy, peserta didik, penelitian kualitatif, MTs Negeri 1 Mojokerto. |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | S2 PAI IKHAC |
Date Deposited: | 10 Oct 2025 09:29 |
Last Modified: | 10 Oct 2025 09:29 |
URI: | http://repository.uac.ac.id/id/eprint/4918 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |