PENGEMBANGAN MODUL MUḪADAṠAH TEMATIK DALAM PEMBELAJARAN MAHĀRAH AL-KALĀMDI KELAS V MADRASAH IBTIDAIYAH

Ashari, Ashari (2020) PENGEMBANGAN MODUL MUḪADAṠAH TEMATIK DALAM PEMBELAJARAN MAHĀRAH AL-KALĀMDI KELAS V MADRASAH IBTIDAIYAH. Diploma thesis, Institut Pesantren KH. Abdul Chalim.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
Cover Abstrak repos.pdf - Published Version

Download (866kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (683kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version

Download (385kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (408kB)
[img] Text (Skripsi Full)
Skripsi Untuk Repository IKHAC.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

Inovasi dalam pendidikan selalu diharapkan karena adanya perubahan kondisi serta kebutuhan didalam pembelajaran. Pengembangan bahan ajar berupa modul muḫadaṡah tematik menjadi salah satu kebutuhan terhadap permasalahan dalam pembelajaran mahārah al-kalām. Modul ini menjadi salah satu solusi dalam memperbaiki minat dan motivasi belajar peserta didik. Penyajian muḫadaṡah tematik didalam modul ini dilengkapi dengan pengenalan mufradat-mufradat baru dengan disertai gambar yang menarik serta evaluasi pembelajaran yang variatif sangat efektif dengan kebutuhan dan karakteristik belajar peserta didik.
Rumusan masalah dalam penelitian ini antara lain; 1) Bagaimana mengembangkan modul muḫadaṡah tematik dalam pembelajaran mahārah al-kalām di kelas V madrasah ibtidaiyah? 2) Bagaimana penilaian pakar ahli/validator ahli terhadap modul muḫadaṡah tematik dalam pembelajaran mahārah al-kalām di kelas V madrasah ibtidaiyah? Sedangkan tujuan dari penelitian ini untuk menghasilkan produk bahan ajar berupa modul muḫadaṡah tematik yang dapat digunakan sebagai rujukan dalam pembelajaran mahārah al-kalām di kelas V madrasah ibtidaiyah dan menjelaskan tentang keefektivitasan pengembangan bahan ajar berupa modul muḫadaṡah tematik berdasarkan penilaian pakar ahli.
Desain penelitian ini menggunakan penelitian pengembangan Research and Development (R&D) model Borg and Gall (1983:772). Sesuai dengan tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan suatu produk bahan ajar berupa modul muḫadaṡah tematik dalam pembelajaran mahārah al-kalām di kelas V madrasah ibtidaiyah.
Hasil validasi dari pakar ahli materi 79,68% adalah layak dan valid, validasi Ahli desain 75% adalah layak dan valid, dan validasi ahli bahasa 83,33% layak dan valid. sedangkan hasil rata-rata perolehan validasi terhadap modul muḫadaṡah tematik adalah 79,34% layak dan valid. Sehingga modul muḫadaṡah tematik ini layak digunakan dalam pembelajaran mahārah al-kalām di kelas V madrasah ibtidaiyah.
Kesimpulan dalam penelitian ini adalah inovasi terhadap bahan ajar berupa muḫadaṡah tematik, layak digunakan dalam pembelajaran mahārah al-kalām dikelas V madrasah ibtidaiyah. Keefektivan modul ini dilihat dari penilaian yang dilakukan oleh pakar ahli terhadap modul muḫadaṡah tematik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Modul Muḫadaṡah Tematik, Mahārah al-Kalām , Penelitian dan Pengembangan
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: S1 PBA IKHAC
Date Deposited: 14 Sep 2020 07:13
Last Modified: 14 Sep 2020 07:13
URI: http://repository.ikhac.ac.id/id/eprint/483

Actions (login required)

View Item View Item