NADILA, JUNITA (2025) Internalisasi Nilai Pendidikan Islam Dalam Kegiatan Ekstrakurikuler keagamaan Sma N 1 Kutorejo Kabupaten Mojokerto. Masters thesis, Universitas KH. Abdul Chalim.
|
Text (cover dan abstrak)
COVER ABSTRAK .pdf - Published Version Download (420kB) |
|
|
Text (bab 1 pendahuluan)
BAB1 PENDAHULUAN .pdf - Published Version Download (433kB) |
|
|
Text (bab akhir (kesimpulan))
BAB AKHIR (KESIMPULAN) .pdf - Published Version Download (205kB) |
|
|
Text (daftar pustaka)
DAFTAR PUSTAKA .pdf - Published Version Download (229kB) |
|
|
Text (tugas akhir ilmiah)
TUGAS AKHIR ILMIAH .pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Fokus penelitian ini adalah: 1). Bagaimana internalisasi nilai pendidikan islam dalam kegiatan ekstrakurikuler keagamaan di SMA N 1 Kutorejo Kabupaten Mojokerto 2). Bagaimana menganalis faktor penudukung dan penghambat Internalisasi nilai pendidikanagama islam dalam kegiatan ekstrakurikuler keagamaan di SMA N 1 Kutorejo Kabupaten Mojokerto Kabupaten Mojokerto
Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Untuk mneganalisis internalisasi nilai pendidikan islam dalam kegiatan ekstrakurikuler keagamaan di SMA N 1 Kutorejo Kabupaten Mojokerto, 2) Untuk menganalis faktor penudukung dan penghambat Internalisasi nilai pendidikanagama islam dalam kegiatan ekstrakurikuler keagamaan di SMA N 1 Kutorejo Kabupaten Mojokerto Kabupaten Mojokerto. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisis dengan teknik reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa internalisasi nilai akidah diwujudkan melalui kajian tauhid, tadabbur alam, dan praktik ibadah rutin, yang berkontribusi pada peningkatan kesadaran beribadah serta keyakinan siswa terhadap Allah SWT. Nilai syariah ditanamkan melalui pembiasaan ibadah, pembinaan karakter Islami, serta keteladanan dari guru dan pembina, yang berdampak pada kedisiplinan dan kepatuhan siswa terhadap ajaran Islam. Sementara itu, nilai akhlak dikembangkan melalui pembiasaan sikap baik, keterlibatan dalam kegiatan sosial, dan kajian keislaman. Keberhasilan internalisasi ini didukung oleh peran aktif guru dan pembina, lingkungan sekolah yang kondusif, serta metode pembelajaran berbasis pengalaman langsung. Namun, terdapat beberapa faktor penghambat, seperti kurangnya motivasi siswa, minimnya dukungan keluarga dan sekolah, serta metode pembelajaran yang kurang menarik. Hambatan dalam internalisasi nilai syariah meliputi inkonsistensi siswa dalam mengikuti kegiatan keagamaan dan pengaruh lingkungan luar yang kurang mendukung nilai-nilai Islam.
| Item Type: | Thesis (Masters) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | Internalisasi Nilai, Pendidikan Islam, Ekstrakurikuler Keagamaan |
| Subjects: | D History General and Old World > D History (General) > D111 Medieval History |
| Divisions: | Pascasarjana > Magister Pendidikan Agama Islam |
| Depositing User: | S2 PAI IKHAC |
| Date Deposited: | 15 Sep 2025 07:38 |
| Last Modified: | 15 Sep 2025 07:38 |
| URI: | http://repository.uac.ac.id/id/eprint/4564 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |

