Konsep Pendidikan Agama Islam Raden Abdul Kahar Melalui Kearifan Lokal Pada Masyarakat Ngabang Kabupaten Landak Kalimantan Barat

Jasmin, Haris (2025) Konsep Pendidikan Agama Islam Raden Abdul Kahar Melalui Kearifan Lokal Pada Masyarakat Ngabang Kabupaten Landak Kalimantan Barat. Doctoral thesis, Universitas KH. Abdul Chalim.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
COVER DAN ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text (BAB 1 Pendahuluan)
BAB 1 Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (420kB)
[img] Text (BAB 6 Panutup)
BAB 6 Penutup.pdf - Published Version

Download (182kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (363kB)
[img] Text (Disertasi Full text)
DISERTASI FULL TEXT.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh minimnya kajian tentang peran Raden Abdul Kahar dalam mengembangkan Pendidikan Agama Islam di Kerajaan Ismahayana Landak, Kalimantan Barat, khususnya dalam mengaitkan ajaran Islam dengan kearifan lokal seperti tradisi Besampang dan Betungkal. Fokus penelitian ini mencakup analisis konsep Pendidikan Agama Islam yang dirumuskan oleh Raden Abdul Kahar, keterkaitannya dengan kearifan lokal tersebut, serta dampaknya terhadap perkembangan keagamaan, sosial, dan budaya masyarakat Ngabang.
Tujuan penelitian ini adalah: 1) Menganalisis konsep Pendidikan Agama Islam Raden Abdul Kahar; 2) Menganalisis kaitan Pendidikan Agama Islam dengan kearifan lokal Besampang dan Betungkal; dan 3) Menganalisis dampak Pendidikan Agama Islam terhadap perkembangan keagamaan, sosial, dan budaya masyarakat Ngabang di Kabupaten Landak.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode etnografis. Data diperoleh melalui observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi, kemudian dianalisis menggunakan model Spradley.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa konsep pendidikan Islam Raden Abdul Kahar tidak hanya menekankan aspek kognitif keagamaan, tetapi juga pembentukan karakter dan spiritualitas melalui pembiasaan ritual, keteladanan, serta partisipasi sosial. Tradisi lokal seperti Besampang dan Betungkal diintegrasikan sebagai media pendidikan yang menanamkan nilai-nilai Islam secara kontekstual dalam tiga dimensi utama: akidah, syariah, dan tazkiyah. Pendekatan ini mencerminkan pendidikan berbasis pengalaman nyata yang berakar pada budaya, sehingga mampu menghadirkan hidden curriculum yang efektif dalam membentuk kesadaran keislaman masyarakat. Kontribusi utama penelitian ini terletak pada perumusan model pendidikan Islam berbasis kearifan lokal yang dapat menjadi rujukan dan inspirasi dalam pengembangan kurikulum pendidikan agama Islam di berbagai daerah.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Agama Islam, Raden Abdul Kahar, Konsep Pendidikan, Kerajaan Ismahayana, Kearifan Lokal, Ngabang.
Subjects: D History General and Old World > D History (General)
L Education > L Education (General)
Divisions: Pascasarjana > Doktoral Pendidikan Agama Islam
Depositing User: S3 PAI UAC
Date Deposited: 09 Sep 2025 07:25
Last Modified: 09 Sep 2025 07:25
URI: http://repository.uac.ac.id/id/eprint/4420

Actions (login required)

View Item View Item