PENGUATAN KOMPETENSI AGAMA ISLAM MELALUI INTEGRASI PEMBELAJARAN DI SEKOLAH BERBASIS PESANTREN (STUDI MULTISITUS DI MA NU PATROL DAN PONDOK PESANTREN ASYARIFIYYAH SUNAN GUNUNG JATI )

Imam, Purwanto Oktovan (2023) PENGUATAN KOMPETENSI AGAMA ISLAM MELALUI INTEGRASI PEMBELAJARAN DI SEKOLAH BERBASIS PESANTREN (STUDI MULTISITUS DI MA NU PATROL DAN PONDOK PESANTREN ASYARIFIYYAH SUNAN GUNUNG JATI ). Masters thesis, universitas KH. Abdul Chalim.

[img] Text (COVER & ABSTRAK)
COVER & ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (411kB)
[img] Text (BAB I PENDAHULUAN)
BAB I PENDAHULUAN.pdf - Published Version

Download (295kB)
[img] Text (BAB V PENUTUP)
BAB V PENUTUP.pdf - Published Version

Download (216kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (208kB)
[img] Text (FULL TESIS)
FULL TESIS.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya pembelajaran Pendidikan Agama Islam yang dipraktekkan dengan memadukan pembelajaran yang ada di madrasah dan pesantren dan dikenal dengan Sekolah Berbasis Pesantren (SBM). Mengingat pembelajaran mata pelajaran keislaman merupakan pembelajaran yang inti karena berkaitan dan berimplikasi pada kehidupan sehari-hari, sehingga perlu adanya penguatan pembelajaran di dalamnya.
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor pendukung dan proses penguatan Kompetensi Agama Islam yang dipraktekkan melalui integrasi pembelajaran di sekolah berbasis pesantren yang dilakukan di MA NU Patrol dan Pondok Pesantren As-Syarifiyah Sunan Gunung Jati. Metode yang digunakan penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan phenomologi/fenomologi. Teknik pengumpulan data yang digunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan reduksi data, penyajian data dan verifikasi. Pengabsahan data dilakukan dengan proses triangulasi, yaitu teknik pemeriksaan keabsahan data yang memanfaatkan sesuatu yang lain di luar data itu untuk keperluan pengecekan atau sebagai pembanding terhadap data itu. Dalam penelitian ini triangulasi yang digunakan yaitu triangulasi sumber data dan triangulasi teori.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Faktor yang melatarbelakangi adanya penguatan Kompetensi Agama Islam melalui integrasi pembelajaran di sekolah berbasis pesantren adalah sebagai berikut: pertama; Faktor Pemanfaatan kajian kitab kuning Sebagai sarana Pembelajaran. Kedua; Faktor kurangnya waktu pembelajaran Pendidikan Agama Islam di dalam kelas dimana Pendidikan Agama Islam menjadi mata pelajaran inti dan hanya memiliki waktu 2 jam dalam satu minggu. Ketiga; Faktor persamaan materi Pendidikan Agama Islam dalam pembelajaran di pesantren yang menggunakan kitab-kitab kuning dengan materi Pendidikan Agama Islam yang berasal dari keputusan Kementrian Agama. 2) Pendidikan Agama Islam, dimana adanya integrasi antara model pembeljaran kajian kitab kuning dan Kementrian Agama. Praktek pembelajarannya tergolong unik yakni: pertama; materi disusun disesuaikan dengan kebutuhan santri, keadaan lingkugan, dan materi yang dipadukan antara kurikulum ala pesantren itu sendiri. Kedua; Pembelajaran Pendidikan Agama Islam untuk kurikulum pesantren menggunakan kitab kuning dan penjelasan materi pun disampaikan menggunakan gaya bahasa guru masing-masing. Ketiga; untuk mata pelajaran Pendidikan Agama Islam yang disampaikan menggunakan kajian kitab kuning, maka sesungguhnya yang dipelajari santri tidak hanya satu materi melainkan merupakan rangkaian mata pelajaran penunjang bahasa Arab seperti Nahwu, Shorof, Balaghah, Mufrodat dan lainnya. Keempat; pembagian waktu pembelajaran di kelas lebih banyak menggunakan kitab kuning daripada buku-buku paket dan modul. Model integrasi yang diterapkan yakni pembelajaran terpadu nested. Pembelajaran tersebut memadukan keterampilan-keterampilan yang berkaitan satu sama lain namun masih dalam satu bidang studi. Seperti keterampilan softskill, praktek, menjelaskan dan memahami.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Penguatan Kompetensi Agama Islam, Integrasi Pembelajaran, Sekolah Berbasis Pesantren
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Pascasarjana > Magister Pendidikan Agama Islam
Depositing User: S2 PAI IKHAC
Date Deposited: 09 Aug 2025 08:33
Last Modified: 09 Aug 2025 08:33
URI: http://repository.uac.ac.id/id/eprint/4222

Actions (login required)

View Item View Item