Yulianto, Abas (2023) PERAN KEPALA SEKOLAH SEBAGAI LEADER DALAM PEMBINAAN SIKAP TOLERANSI BERAGAMA DI SMP SANTO YUSUP PACET MOJOKERTO. Diploma thesis, Universitas KH. Abdul Chalim Mojokerto.
![]() |
Text (Cover dan Abstrak)
cover & abstrak.pdf - Published Version Download (782kB) |
![]() |
Text (BAB I Pendahuluan)
BAB I Pendahuluan.pdf - Published Version Download (838kB) |
![]() |
Text (BAB V Penutup)
BAB V Penutup.pdf - Published Version Download (612kB) |
![]() |
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version Download (512kB) |
![]() |
Text (Skrispi Full Text)
Skripsi Ful Text.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Peran seorang kepala sekolah dalam sebuah lembaga pendidikan menjadi salah satu faktor utama menuju jalan keberhasilan. Oleh karenanya kepala sekolah di tuntut untuk mempu mengatur seluruh aspek kehidupan yang berkaitan dengan tatanan sekolah. Kunci keberhasilan dari sebuah lembaga pendidikan sendiri, sangat tergantung pada pemimpinnya yakni kepala sekolah, karena pemimpin adalah seorang yang mampu memberi arahan kepada setiap bawahannya yang tergabung dalam satu wadah untuk mencapai tujuan bersama khususnya tujuan yang diharapkan oleh bangsa Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Peran Kepala Sekolah Sebagai Leader Dalam Pembinaan Sikap Toleransi Beragama di SMP Santo Yusup Pacet dan untuk mengetahui Bentuk-bentuk Pembinaan Kepala Sekolah Sebagai Leader Dalam Membangun Sikap Toleransi Beragama.
Jenis pada penelitian ini menggunakan jenis kualitaif dengan pendekatan studi kasus, dengan teknik observasi, wawancara dan studi dokumentasi. Subjek pada penelitian ini yakni Kepala sekolah, dan 3 Guru Mata Pelajaran serta 2 siswa-siswi.
Hasil penelitian di lapangan menunjukan bahwa Peran Kepala Sekolah Sebagai Leader (Pemimpin) dalam pembinaan sikap toleransi bergama memiliki 5 instrument yang terdiri dari beberapa unsur di dalamnya, Yakni: Menggerakan (Memotivasi dan Mendorong), Mengarahkan (Persamaan Konsep Kebaikan), Membimbing (Akomodasi), Melindungi (Asimilasi), dan Membina (Program Rutinan, Budaya Sekolah, Rapat Evaluasi). Sementara itu terdapat 3 bentuk pembinaan yang dilakukan kepala sekolah sebagai Leader (Pemimpin) dalam membangun sikap toleransi beragama, Yakni: Melalui Pendekatan Informtavie (Program Pembiasaan berdasarkan kesepakatan bersama), Pendekatan Partsipative (Program Pembelajaran) dan Pendekatan Eksperansial (Kegiatan Ekastrakulikuler), sehingga mengahsilkan sikap toleransi antara umat beragama yang rukun dan kondusif di dalam lembaga pendidikan di SMP Santo Yusup Pacet Mojokerto dengan rasa saling menghargai serta menerima perbedaan yang ada dalam satu naungan lembaga pendidikan.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Additional Information: | Akhmad Sirojuddin, M. Pd. I. |
Uncontrolled Keywords: | Peran Kepala Sekolah, Pembinaan, Sikap Toleransi Beragama |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | S1 MPI UAC |
Date Deposited: | 21 Jul 2025 07:52 |
Last Modified: | 21 Jul 2025 07:52 |
URI: | http://repository.uac.ac.id/id/eprint/4095 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |