M. Angga, Supratman (2020) Strategi Manajemen Pelatihan Dan Pengembangan Serta Pribadi Tenaga Pendidik Dan Kependidikan Di MBI Amanatul Ummah Pacet Mojokerto. Masters thesis, Institut Pesantren K.H. Abdul Chalim.
Text (Cover dan Abstrak)
COVER AND ABSTRACT watermark.pdf - Published Version Download (1MB) |
|
Text (BAB I)
BAB I watermark.pdf - Published Version Download (643kB) |
|
Text (BAB V)
BAB V watermark.pdf - Published Version Download (362kB) |
|
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA watermark.pdf - Published Version Download (319kB) |
|
Text (Tesis Full)
tesis full watermark SIAP CETAK.docx.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
Abstract
Dalam konteks SDM, pengembangan dipandang sebagai peningkatan kualitas SDM melalui program-program pelatihan, pendidikan yang diharapkan dapat meningkatkan produktivitas kerja. Untuk itu, dibutuhkan Manajemen Sumber Daya Manusia (MSDM) yang baik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) Strategi manajemen pelatihan dan pengembangan serta pribadi tenaga pendidik dan kependidikan di MBI Amanatul Ummah Pacet, Mojokerto. 2) Hasil strategi manajemen pelatihan dan pengembangan serta pribadi tenaga pendidik dan kependidikan di MBI Amanatul Ummah Pacet, Mojokerto. 3) Faktor-faktor pendukung dan penghambat manajemen pelatihan dan pengembangan serta pribadi tenaga pendidik dan kependidikan di MBI Amanatul Ummah Pacet, Mojokerto.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan (field research) dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Data yang dikumpulkan dalam penelitian ini adalah data dari wawancara dan observasi sebagai data utama, sementara itu dokumen merupakan data tambahan.
Temuan hasil penelitian menunjukkan, 1) Manajemen pelatihan dan pengembangan melalui tahapan sebagai berikut: Perencanaan, melalui sebuah Idiom Madrasah, manajemen partisipatoris, pembentukkan MGMP, pelatihan internal-eksternal. Proses pelaksanaan, melalui penilaian kebutuhan, memberikan dorongan semangat dan keyakinan, mengkondisikan lingkungan pembelajaran, memastikan pelaksanaan pelatihan, memilih metode pelatihan, mengevaluasi program pelatihan. Hasil, melalui transfers of knowledge, prestasi. Faktor-faktor. Pendukung; pribadi guru, lembaga. Penghambat; waktu mengajar guru, waktu libur guru. Sedangkan 2) Manajemen pribadi guru melalui tahapan sebagai berikut: Perencanaan, dari Koordiantor MBI melalui pembahasan raker tahunan, materi seleksi guru, menciptakan budaya partnership, membangun iklim. Adapun dari Tenaga Pendidik melalui lingkungan lembaga, motivasi dari luar. Langkah-langkah pelaksanaan, dari Koordinator MBI melalui menyeleksi pribadi guru, mengadakan ‘seminar’ inspiratif, etika menggunakan handphone, membangun rasa percaya diri, menjalin komunikasi yang baik, memulai dari diri sendiri, menghargai waktu, berjiwa sosial tinggi. Adapun dari Tenaga Pendidik melalui memahami kompetensinya, menjaga wibawanya, teguran yang instruktif, siswa sumber inspirasi, bijak menegur teman kerja, saling memberi dorongan & pertolongan, menjalin hubungan baik kepada atasan, terus berbenah diri. Faktor-faktor. Pendukung; lingkungan, rekan guru, motivasi. Penghambat; faktor genetik, faktor jenuh. Hasil. guru MBI Amanatul Ummah dalam kompetensinya sudah sangat membantu dalam hal belajar dan sebagai teladan yang baik.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Manajemen SDM, Pelatihan dan Pengembangan dan Pribadi Guru |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Pascasarjana > Magister Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | S2 MPI IKHAC |
Date Deposited: | 01 Sep 2020 07:42 |
Last Modified: | 01 Sep 2020 07:42 |
URI: | http://repository.ikhac.ac.id/id/eprint/408 |
Actions (login required)
View Item |