Musyafiah, Sarini Musyafiah Ali (2020) IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 DALAM MENINGKATKAN PROSES PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI MAN 1 BITUNG TAHUN 2018-2019. Masters thesis, INSTITUT PESANTREN KH. ABDUL CHALIM.
Text (cover dan abstrak)
Abstrak.pdf - Published Version Download (317kB) |
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version Download (427kB) |
|
Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version Download (155kB) |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (282kB) |
|
Text (FULL TESIS)
full Tesis.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
ABSTRAK
Musyafi’ah Ali, Sarini, 2019, Implementasi Kurikulum 2013 dalam Meningkatkan Proses Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di MAN 1 Bitung Tahun 2018-2019. Tesis Prodi PAI Fakultas Tarbiyah Institut Pesantren KH. Abdul Chalim. Dosen Pembimbing: 1. Dr. Husnul Khuluq, MM, 2. Dr.Sigit Priyo Sembodo, MM
Katakunci: Implementasi Kurikulum 2013, Proses Pembelajaran, PAI
Penelitian ini bertujuan mengetahui sejauh mana 1) Implementasi Kurikulum 2013 dalam Proses Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di MAN 1 Bitung Tahun 2018-2019. 2) Apa faktor Pendukung dan Faktor penghambat Implementasi Kurikulum 2013 dalam Proses Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di MAN 1 Bitung Tahun 2018-2019. 3) Bagaimana Upaya untuk Mengatasi Kendala-kendala dalam Implementasi Kurikulum 2013 dalam Proses Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di MAN 1 Bitung Tahun 2018-2019.
Penelitian ini menggunakan Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif. Data yang diperoleh dalam penelitian ini didapati secara langsung. Dengan melakukan wawancara kepada pihak terkait untuk memperoleh data yang berkaitan dengan implementasi kurikulum 2013 yang dilakukan oleh guru PAI di MAN 1 Bitung. Dalam penelitian ini, penulis menggunakan wawancara tidak terstruktur untuk mendapatkan informasi dari informan.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) implementasi kurikulum 2013 di MAN 1 Bitung, bisa dikatakan sudah stabil, efektif, dan berjalan dengan baik. Hal ini dibuktikan dengan adanya pembelajaran berbasis online yang diterapkan oleh MAN 1 Bitung. Walaupun tidak semua pelajaran PAI bisa dimasukkan ke dalam pembelajaran online. Terlebih pada pelajaran akidah Akhlah dan al-Quran Hadits. 2) faktor penghambat dari implementasi kurikulum 2013 dalam meningkatkan proses pembelajaran PAI di MAN 1 Bitung adalah a) kurangnya kemampuan guru dalam penguasaan IT, b) sarana dan prasarana yang kurang memadai, c) buku dan media yang kurang tersedia, d) perangkat administrasi pembelajaran yang begitu banyak, dan e) kurangnya pemahaman guru tentang pendekatan saintifik 3) upaya untuk mengatasi hambatan dalam implementasi kurikulum 2013 dalam meningkatkan proses pembelajaran PAI di MAN 1 Bitung adalah a) menyiapkan guru yang bisa IT untuk memberikan bimbingan setiap hari sabtu-minggu, b) mengadakan workshop untuk cara penyusunan kisi-kisi soal sesuai dengan tuntutan, c) menggandakan buku ajar, d) administrasi disiapkan jauh sebelum pembelajaran, dan e) kesulitan bukanlah sebuah kendala melainkan sebuah tantangan
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Katakunci: Implementasi Kurikulum 2013, Proses Pembelajaran, PAI |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum |
Divisions: | Pascasarjana > Magister Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | S2 PAI IKHAC |
Date Deposited: | 01 Sep 2020 06:43 |
Last Modified: | 01 Sep 2020 06:43 |
URI: | http://repository.ikhac.ac.id/id/eprint/405 |
Actions (login required)
View Item |