KOMPETENSI GURU PAI DALAM MENCIPTAKAN KEJUJURAN SISWA DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 1 NGORO MOJOKERTO

Lely, Marini (2020) KOMPETENSI GURU PAI DALAM MENCIPTAKAN KEJUJURAN SISWA DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 1 NGORO MOJOKERTO. Masters thesis, Institut Pesantren KH. Abdul Chalim.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (630kB)
[img] Text (BAB I Pendahuluan)
BAB I Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (423kB)
[img] Text (BAB V Penutup)
BAB V Penutup.pdf - Published Version

Download (317kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (424kB)
[img] Text (Tesis Full Text)
Tesis Full Text.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kompetensi Guru PAI
dalam menciptakan kejujuran siswa di Sekolah Menengah Pertama Negeri 1
Ngoro Mojokerto. Kompetensi profesional guru PAI dalam menciptakan
kejujuran siswa yakni guru PAI sudah memiliki pengetahuan dan dasar ilmu
agama, adanya persiapan perangkat pembelajaran sebelum mengajar, seperti
silabus, RPP, Prota, Promes dan lainnya, adanya persiapan siswa sebelum belajar
materi di kelas, guru mampu mengkondisikan pelaksanaan pembelajaran dengan
baik. Selain itu, upaya guru PAI untuk meningkatkan keprofesionalannya dengan
melakukan penilaian dan evaluasi hasil belajar, mengikuti seminar dan diklat
untuk menambah wawasan keilmuan.
Kompetensi pedagogig guru PAI dalam menciptakan kejujuran siswa,
guru PAI sebelum memulai pelajaran memahami karakteristik siswa,
melaksanakan kegiatan belajar mengajar dan mampu mengelola kelas dengan
baik, menciptakan suasana yang menyenangkan serta menggunakan media dan
metode yang bervariasi. Guru PAI memperhatikan kondisi siswa terlebih dahulu,
agar menghasilkan proses pembelajaran yang berkualitas, melakukan penilaian
baik penilaian harian, bulanan midle semester dan ulangan akhir semester. Guru
PAI sangat memperhatikan potensi siswa, yakni dengan menyalurkan bakat
melalui ekstrakurikuler.
Kompetensi sosial guru PAI dalam menciptakan kejujuran siswa, guru
PAI selalu sikap inklusif, tidak diskriminatif, adaptif dengan lingkungan serta
komunikatif, tidak membedakan siswa satu dengan yang lain, mampu berinteraksi
dengan kepala sekolah, antar guru, dengan siswa dan dengan orang-orang di
lingkungan sekolah secara kekeluargaan, mampu menjadikan suasana dengan
penuh kasih sayang, serta bisa memberi uswatun hasanah.
Kompetensi kepribadian guru PAI dalam menciptakan kejujuran siswa,
guru PAI memiliki penampilan diri sebagai pribadi yang jujur, berakhlak mulia
dan bertanggung jawab tinggi, memiliki etos kerja yang sangat tinggi, menjalin
hubungan dengan harmonis, baik dengan kepala sekolah sesama guru PAI,
maupun dengan guru mata pelajaran yang lain, memiliki pribadi yang dewasa, arif
dan berwibawa, mampu menyesuaikan dengan norma agama, hukum, sosial dan
kebudayaan nasional Indonesia, serta memiliki penampilan yang tidak
membosankan, tindakannya menyenangkan selalu menarik perhatian siswa untuk
mengikuti pembelajaran.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Kompetensi Guru, Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Karakter
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Pascasarjana > Magister Pendidikan Agama Islam
Depositing User: S2 PAI IKHAC
Date Deposited: 01 Sep 2020 04:32
Last Modified: 01 Sep 2020 04:32
URI: http://repository.ikhac.ac.id/id/eprint/396

Actions (login required)

View Item View Item