UBAIDILLAH, UBAIDILLAH (2020) PENDIDIKAN KARAKTER BERBASIS KEARIFAN LOKAL MELALUI PEMBELAJARAN AQIDAH AKHLAQ DI MADRASAH ALIYAH DARUL LUGHAH WAL KAROMAH KRAKSAAN PROBOLINGGO. Masters thesis, Institut Pesantren KH. Abdul Chalim.
Text (COVER dan ABSTRAK)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version Download (239kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2. BAB 1.pdf - Published Version Download (307kB) |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
3. BAB 5.pdf - Published Version Download (166kB) |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
4. Daftar Pustaka.pdf - Published Version Download (253kB) |
|
Text (TESIS FULL)
TESIS FULL.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Pendidikan karakter bertujuan untuk membentuk watak dan berakhlak mulia. Hal inilah yang diharapkan menjadi titik tolak dalam pendidikan di Indonesia. Mengingat pentingnya pendidikan karakter dalam pembentukan kepribadian peserta didik, maka Madrasah Aliyah Darul Lughah Wal Karomah, Kraksaan Probolinggo berupaya dalam menumbuhkan pilar-pilar pendidikan karakter berbasis kearifan lokal melalui pembelajaran Aqidah Akhlaq.
Berangkat dari hal tersebut, maka rumusan masalah dalam penelitian ini adalah; 1) Bagaimana proses pendidikan karakter berbasis kearifan lokal melalui pembelajaran Aqidah Akhlaq di Madrasah Aliyah Darul Lughah Wal Karomah?, 2) Apa faktor pendukung dan penghambat dalam pendidikan karakter berbasis kearifan lokal melalui pembelajaran Aqidah Akhlaq di Madrasah Aliyah Darul Lughah Wal Karomah ?, 3) Bagaimana hasil pendidikan karakter berbasis kearifan lokal melalui pembelajaran Aqidah Akhlaq di Madrasah Aliyah Darul Lughah Wal Karomah ?.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif jenis studi kasus. Untuk menentukan sumber data, digunakan purposive sampling dengan pertimbangan yaitu subjek dan informan yang dipilih adalah orang yang mampu memberikan informasi seluas mungkin mengenai fokus penelitian. Selanjutnya, untuk memilih dan menentukan informan dalam penelitian ini, digunakan tekhnik snowball sampling. Sedangkan pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tiga tekhnik, yaitu : observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis datanya dilakukan dengan data reduction, data display, dan conclusion drawing/verification.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Proses pendidikan karakter berbasis kearifan lokal melalui pembelajaran Aqidah Akhlaq dilakukan melalui; Penentuan tujuan pembelajaran, menetapkan pendekatan pembelajaran yang inovatif, mengenal gaya belajar siswa, mengembangkan materi pembelajaran berbasis pada kebutuhan peserta didik, menentukan media pembelajaran. 2) Faktor pendukungnya meliputi; dukungan yang besar dari seluruh komponen sekolah, adanya aturan atau tata tertib yang mengikat bagi siswa beserta sanksi-sanksinya, pemantauan yang dilakukan secara bersama oleh pimpinan, guru dan wali murid terhadap segala aktivitas siswa. Sedangkan faktor penghambatnya disebabkan oleh; faktor keluarga, faktor lingkungan (teman, budaya) yang kurang kondusif. 3) Hasil pendidikan karakter berbasis kearifan lokal melalui pembelajaran Aqidah Akhlaq adalah; Tercapainya target pembelajaran, terbentuknya karakter siswa, kondisi sekolah yang relegius.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pendidikan Karakter, Kearifan Lokal, Pembelajaran Aqidah Akhlaq, |
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education |
Divisions: | Pascasarjana > Magister Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | S2 PAI IKHAC |
Date Deposited: | 01 Sep 2020 03:38 |
Last Modified: | 01 Sep 2020 03:38 |
URI: | http://repository.ikhac.ac.id/id/eprint/382 |
Actions (login required)
View Item |